UDiNus Repository

Rancangan Sistem Informasi Pencatatan Tuberkulosis berbasis Web untuk Mendukung Kegiatan Pelaporan di Puskesmas Ngaliyan Tahun 2017

MALINDA, KHOIRUNNISA' ISNAINI (2017) Rancangan Sistem Informasi Pencatatan Tuberkulosis berbasis Web untuk Mendukung Kegiatan Pelaporan di Puskesmas Ngaliyan Tahun 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Tuberkulosis merupakan salah satu permasalahan penyakit di dunia. Menurut WHO, Indonesia 539.000 penduduk kasus baru tiap tahunnya adalah tuberkulosis BTA positif dengan angka kematian mencapai 101.000 penduduk. Angka kejadian penyakit tuberkulosis Multi Drug Resistant (MDR) di Kota Semarang masuk dalam urutan pertama. Penelitian ini bertujuan merancang sebuah sistem informasi pencatatan tuberkulosis. Analisa data yang digunakan dalam pengembangan sistem ini yaitu dengan menggunakan pendekatan System Development Life Cycle (SDLC) dengan tahapan meliputi perencanaan, analisis masalah dan perancangan. Penggunaan jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif yaitu dengan melakukan observasional. Objek penelitian yaitu dokumen tuberkulosis. Subjek penelitian yaitu Kepala Puskesmas dan Petugas Poli DOTS. Alat yang digunakan berupa pedoman wawancara dan pedoman observasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa keluarga penderita TB mendaftarkan penderita TB di loket pendaftaran, dan penderita TB mengantri di ruang Poli DOTS untuk mendapat pelayanan oleh petugas. Penderita yang diduga tersangka penderita TB akan dilakukan pemeriksaan dahak di ruang labratorium. Setelah itu penderita kembali ke ruang Poli DOTS untuk mendapatkan pengobatan. Selanjutnya petugas poli DOTS akan membuat laporan berdasarkan data yang berasal dari penderita untuk kemudian dilaporkan kepada Kepala Puskesmas. Dari alur proses sistem tersebut maka dibuat Sistem Informasi Pencatatan Tuberkulosis Pencatatan Tuberkulosis Berbasis Web untuk Mendukung Pelaporan dengan database menggunakan MySQL. Hasil rancangan ini akan mempermudah petugas poli DOTS dalam input data agar dapat diakses dengan mudah. Saran untuk mempermudah petugas poli DOTS dan Kepala Puskesmas, yaitu dengan mengimplementasikan rancangan sistem informasi pencatatan tuberkulosis di Puskesmas Ngaliyan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:56
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:56
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22479

    Actions (login required)

    View Item