UDiNus Repository

ANALISIS KUALITAS AIR LINDI PADA TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR SAMPAH (TPA) DI SANGGRAHAN KECAMATAN KRANGGAN KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2017

SEKAR, DEVI CAROLINE (2017) ANALISIS KUALITAS AIR LINDI PADA TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR SAMPAH (TPA) DI SANGGRAHAN KECAMATAN KRANGGAN KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4088b) | Preview

    Abstract

    Tempat pembuangan akhir merupakan tempat pemrosesan akhir sampah. Pemrosesan sampah ini dapat menghasilkan suatu airan yang sering disebut dengan air lindi. Air lindi merupakan suatu cairan yang berasal dari tumpukan sampah yang terpapar oleh air hujan, mengandung zat organik yang tinggi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas air lindi yang terkandung dalam tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir Sanggrahan Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung ditinjau dari parameter fisika meliputi suhu dan TSS, parameter kimia meliputi pH, Biochemical Oxygen Demand, Chemical Oxygen Demand, Dissolved Oxygen dan parameter mikrobiologi meliputi Bakteri Coliform. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah air lindi pada bak penampungan dan untuk sampeldiambil pada tiga titik dengan metodegrab sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar COD sebanyak 720 mg/L dan 736 mg/L, kadar BOD sebanyak 525 mg/L, bakteri koliform >1100 MPN/100ml. Kadar DO hasilnya rendah. Sedangkan untuk hasil pengukuran lainnya seperti suhu, TSS, pH, semuanya sudah memenuhi baku mutu Permen LHK No 59 Tahun 2016. Perlu adanya upaya pengendalian yaitu dengan menambah bak klorinasi pada pengolahan air lindi agar diperoleh hasil yang memenuhi baku mutu.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:56
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:56
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22480

    Actions (login required)

    View Item