UDiNus Repository

ANALISIS HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DAN KINERJA PETUGAS SURVEILANS EPIDEMIOLOGI DENGAN ANGKA NOTIFIKASI KASUS ATAU CNR TUBERKULOSIS PUSKESMAS WILAYAH KERJA DINAS KESEHATAN KABUPATEN JEPARA

MAHARANI, LATIFAH (2017) ANALISIS HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DAN KINERJA PETUGAS SURVEILANS EPIDEMIOLOGI DENGAN ANGKA NOTIFIKASI KASUS ATAU CNR TUBERKULOSIS PUSKESMAS WILAYAH KERJA DINAS KESEHATAN KABUPATEN JEPARA. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Mycobacterium tuberculosis.1 Mulai tahun 2015 indikator utama program pengendalian TB secara Nasional adalah Angka Notifikasi Kasus TB atau Case Notification Rate (CNR) dan Angka Keberhasilan Pengobatan TB/Treatment Succes Rate (TSR).2 Tahun 2014 CNR di Jepara menunjukkan angka 42,1% dan tahun 2015 49,4%. Berdasarkan angka tersebut dapat dilihat trend penemuan kasus di Jepara naik sebesar 7,3%. Hal ini dikatakan buruk karena dari tahun ke tahun tidak mengalami penurunan yang seharusnya 3-4% per tahun tetapi mengalami kenaikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Subyek adalah petugas surveilans TB di puskesmas wilayah kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara sebanyak 21 petugas, dan objeknya yaitu motivasi kerja dan manajemen kinerja petugas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kiuisioner. Uji statistik yang digunakan adalah Uji yang digunakan adalah Chi Square. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil antara variabel bebas yaitu motivasi kerja mempunyai hubungan dengan variabel terikat yaitu Angka Notifikasi Kasus dengan nilai p-value = 0,035 (p-value <0,05). Sedangkan untuk variabel bebas manajemen kinerja tidak mempunyai hubungan yang signifikan dengan variabel terikat yaitu Angka Notifikasi Kasus dengan nilai p-value = 0,235 (p-value>0,05). Kepada petugas surveilans TB diharapkan melakukan pencatatan dan pelaporan dengan baik, benar, dan tepat waktu. Kepada kepala puskesmas terus memotivasi para petugas. Kepada wasor TB di DKK Jepara diharapkan selalu mengawasi kegiatan yang dijalankan tiap puskesmas.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:56
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:56
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22482

    Actions (login required)

    View Item