UDiNus Repository

HUBUNGAN ANTARA KONDISI LINGKUNGAN DENGAN KEBERADAAN JENTIK Aedes aegypti DI HOME INDUSTRY MEUBEL KAYU KECAMATAN BATEALIT KELURAHAN NGASEM KABUPATEN JEPARA TAHUN 2017

YOGI, PUTRA CATUR (2017) HUBUNGAN ANTARA KONDISI LINGKUNGAN DENGAN KEBERADAAN JENTIK Aedes aegypti DI HOME INDUSTRY MEUBEL KAYU KECAMATAN BATEALIT KELURAHAN NGASEM KABUPATEN JEPARA TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Kota Jepara merupakan sentra industry meubel kayu terbesar di Indonesia, namun Kota Jepara juga merupakan wilayah endemis Demam Berdarah Dengue (DBD). Kondisi lingkungan mempengaruhi perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti betina, banyak ditemukan tempat perindukan Aedes aegypti di area home industry meubel kayu. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan antara kondisi lingkungan dengan keberadaan jentik nyamuk Aedes aegypti di home industry meubel kayu Desa Ngasem Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik pendekatan cross sectional metode kuantitatif. Populasi penelitian adalah home industry meubel kayu di Kelurahan Ngasem Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara sejumlah 213 diperoleh 68 sampel dengan menggunakan simple random sampling. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis Chi-square dan Fisher exact text. Hasil penelitian diperoleh dari 113 kontainer dengan berbagai macam jenis kontainer kayu dan kontainer non kayu. Diperoleh 40% HI, 29% CI, dan 48% BI, dengan kategori Density Figure = 6-9 atau kepadatan tinggi. Ada hubungan pH kontainer (p=0,204) dengan keberadaan jentik nyamuk Aedes aegypti. Tidak ada hubungan untuk jenis kontainer (p=0,148), suhu kontainer (p=0,708), volume kontainer (p=0,175) dan kelembaban udara (p=0,157) dengan keberadaan jentik nyamuk Aedes aegypti. Perlu peran aktif dalam pemeriksaan jentik secara rutin di lingkungan home industry meubel kayu, khususnya oleh pihak pemilik dan kader jentik wilayah Desa Ngasem sehingga bisa menekan dan mengurangi perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:56
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:56
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22485

    Actions (login required)

    View Item