UDiNus Repository

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETERLAMBATAN PENGEMBALIAN DRM RAWAT INAP KE UNIT REKAM MEDIS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH TUGUREJO SEMARANG PERIODE TAHUN 2017

RENI, SARI NANAN (2017) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETERLAMBATAN PENGEMBALIAN DRM RAWAT INAP KE UNIT REKAM MEDIS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH TUGUREJO SEMARANG PERIODE TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (3967b) | Preview

    Abstract

    Pada bulan mei, 33,4% dokumen rekam medis di RSUD Tugurejo Semarang terlambat dikembalikan ke unit rekam medis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi keterlambatan pengembalian dokumen rekam medis berdasarkan Man, Material, Machines, Methode dan prosentase pengembalian dokumen rekam medis rawat inap, menjelaskan faktor yang mempengaruhi keterlambatan pengiriman DRM. Penelitian ini adalah deskriptif dengan metode observasi dan wawancara. Tabel checklist digunakan untuk mengukur prosentase pengembalian DRM rawat inap. Sampel penelitian adalah 286 DRM rawat inap. Hasil penelitian menunjukkan, setiap bangsal rawat inap mempunyai satu koder bangsal, alat yang digunakan untuk mengembalikan DRM yaitu tas pengantar DRM dan komputer dalam menginput data, pengembalian DRM menggunakan metode langsung dan prosentase pengembalian DRM rawat inap tergolong cukup tinggi yaitu sebanyak 62 DRM (21,75%) disebabkan karena belum lengkapnya pengisian RM 20 (Resume Medis). Saran, dokter sebaiknya melengkapi informasi medis pasien pada DRM terutama RM 20 (Resume Medis), perlu penambahan komputer di setiap bangsal dan sosialisai kepada seluruh koder bangsal mengenai batas pengembalian DRM rawat inap.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:56
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:56
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22486

    Actions (login required)

    View Item