UDiNus Repository

TINJAUAN PENGETAHUAN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL RAWAT JALAN TENTANG KELENGKAPAN PERSYARATAN, PROSEDUR PELAYANAN DAN PENJAMINAN PELAYANAN KESEHATAN DI RSUD dr.REHATTA KELET PERIODE APRIL 2017

RACHEL, HASTUTI DEWI (2017) TINJAUAN PENGETAHUAN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL RAWAT JALAN TENTANG KELENGKAPAN PERSYARATAN, PROSEDUR PELAYANAN DAN PENJAMINAN PELAYANAN KESEHATAN DI RSUD dr.REHATTA KELET PERIODE APRIL 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Pelayanan kesehatan merupakan suatu konsep yang digunakan untuk memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat. Hasil survey awal dari 100 responden menunjukan, 30% peserta yang membawa pesyaratan lengkap, 80% peserta mengetahui alur BPJS dan 45,26% mengetahui tentang penjaminan pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran karakteristik peserta BPJS, pengetahuan peserta BPJS tentang alur prosedur pendaftaran, kelengkapan persyaratan serta penjaminan pelayanan yang dijamin oleh BPJS. Jenis penelitian yaitu deskriptif kuantitatif. Varibel penelitian meliputi karakteristik pasien, pengetahuan tentang kelengkapan persyaratan, pengetahuan tentang alur prosedur pelayanan, pengetahuan peserta tentang penjamunan pelayanan kesehatan. Populasi penilitian adalah peserta BPJS rawat jalan di RSUD dr.Rehatta Kelet. Pengambilan sampel dengan metode accidental sampling dengan 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar pasien rawat jalan di RSUD dr.Rehatta Kelet : 21% berumur 60-65 tahun , 56% berjenis kelamin perempuan , 36% pekerjaan sebagai wiraswasta , 58% kepesertaan PBI , 58% menggunakan BPJS selama 1 bulan – 1 tahun , 48% pendidikan terakhir SD dan untuk kelengkapan 60% persyaratan peserta tidak lengkap, 99% alur prosedur sesuai dan 38% peserta tidak membawa KIB. Informasi tentang prosedur pelayanan kesehatan dan persyaratan perlu diberikan pada pasien peserta BPJS, dengan cara memasang MMT atau stand baner yang berisi penjelasan tentang alur pendaftaran serta persyaratan pada ruang tunggu dan pintu utama. Kata Kunci: pengetahuan, prosedur pelayanan, BPJS Kepustakaan : 20 (tahun1994-2017)

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:57
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:57
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22489

    Actions (login required)

    View Item