UDiNus Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KECELAKAAN KERJA AKIBAT TERTUSUK JARUM SUNTIK (NEEDLE STICK INJURY) PADA PERAWAT DI IGD RSUP Dr. KARIADI SEMARANG TAHUN 2017

TANTI, ARDILA SOFY (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KECELAKAAN KERJA AKIBAT TERTUSUK JARUM SUNTIK (NEEDLE STICK INJURY) PADA PERAWAT DI IGD RSUP Dr. KARIADI SEMARANG TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Kejadian Needle Stick Injury (NSI) di Indonesia tergolong masih tinggi. Setiap proses perawatan pasien disetiap bangsal di rumah sakit memiliki risiko yang sama untuk terkena Needle Stick Injury (NSI), baik ruang perawatan pasien, ruang operasi, demikian juga dengan Unit Gawat Darurat (UGD). Perawat UGD memiliki risiko yang besar dalam menjalankan tugas memberikan pelayanan kesehatan, terutama pada keadaan emergency. Stres karena menghadapi pasien dengan keadaan gawat darurat dan kelelahan karena harus memberikan pelayanan dengan posisi berdiri juga menjadi penyebab terjadinya cidera pada perawat di UGD. Tujuan dari penelitian ini adalah Menganalisis faktor-faktor penyebab yang berhubungan dengan terjadinya Kecelakaan Kerja Akibat Tertusuk Jarum Suntik (Needle Stick Injury) pada perawat di IGD RSUP Dr. Kariadi Semarang Tahun 2017. Penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Subyek dari penelitian ini adalah perawat IGD di RSUP Dr. Kariadi Semarang sebanyak 58 perawat. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Uji statistik yang digunakan adalah Rank Spearman. Hasil statistik dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara umur (p 0,867), masa kerja (p 0,964), pengetahuan (p 0,709), sikap (p 0,878), perilaku berbahaya (p 0,878) dan penggunaan APD (p 0,533) terhadap kejadian kecelakaan kerja akibat tertusuk jarum suntik pada perawat di IGD RSUP Dr. Kariadi Semarang. Disarankan Kepada perawat tetap harus menggunakan APD dan mempertahankan perilaku hati-hati saat bekerja/ menyuntik pasien.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:57
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:57
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22491

    Actions (login required)

    View Item