UDiNus Repository

ANALISIS FAKTOR PENGGUNAAN PESTISIDA ANORGANIK YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN GANGGUAN KULIT PADA PETANI HORTIKULTURA DESA BATUR KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2017

ANNISA, CHAERANI (2017) ANALISIS FAKTOR PENGGUNAAN PESTISIDA ANORGANIK YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN GANGGUAN KULIT PADA PETANI HORTIKULTURA DESA BATUR KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Petani sangat bergantung dengan pestisida karena pestisida memiliki arti penting untuk perlindungan tanaman dari serangan hama yang terkadang membuat gagal panen. Namun terkadang petani menyalahi aturan penggunaan pestisida, dengan alasan untuk meningkatkan daya racun pada hama dan meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil tanam. Hal ini dapat mengakibatkan gangguan kesehatan, salah satunya gangguan kulit. Tujuan dalam penelitian ini yaitu menganalisis faktor penggunaan pestisida yang berhubungan dengan kejadian gangguan kulit pada petani hortikultura Desa Batur Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan desain penelitian cross sectional dan pengambilan data secara retrospektif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara menggunakan lembar pertanyaan terstruktur. Penelitian ini dilakukan di Desa Batur Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang dengan mengambil populasi pada salah satu kelompok tani yaitu Ngudi Rahayu yang berjumlah 48 petani. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling dengan kriteria tertentu. Analisis data menggunakan uji statistik Fisher Exact. Hasil penelitian menunjukkan hanya 7 petani (14,6%) yang pernah menderita gangguan kulit. Uji statistik menunjukkan bahwa usia (p 0,480), tingkat pendidikan (p 1,000), masa kerja (p 0,696), jumlah pestisida (p 1,000), dosis pestisida (p 1,000), cara pengelolaan pestisida (p 0,416) dan kelengkapan penggunaan APD (p 0,562). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara usia, tingkat pendidikan, masa kerja, jumlah pestisida, dosis pestisida, cara pengelolaan pestisida dan kelengkapan penggunan APD dengan kejadian gangguan kulit. Bagi para responden sebaiknya segera memeriksakan keluhan kesehatan yang dialami ke layanan kesehatan agar tidak terjadi paparan pestisida yang lebih berat.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:57
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:57
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22492

    Actions (login required)

    View Item