UDiNus Repository

FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPLEMENTASI APLIKASI SIKDA GENERIK DI BAGIAN FARMASI PUSKESMAS KECIPIR KABUPATEN BREBES TAHUN 2017

TAUFIQURROKHMAN, (2017) FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPLEMENTASI APLIKASI SIKDA GENERIK DI BAGIAN FARMASI PUSKESMAS KECIPIR KABUPATEN BREBES TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Penerapan aplikasi SIKDA di puskesmas sebagai pengguna dengan tujuan untuk memberi kemudahan petugas dalam melakukan kegiatan pelaporan antar bagian dan juga untuk kegiatan dalam pelaporan ke Dinas Kesehatan dengan menggunakan aplikasi SIKDA maka manajemen pasien secara on line. Diharapkan hasil dari aplikasi SIKDA akan menjadi masukan untuk kepentingan manajemen dalam menyusun suatu perencanaan program bidang kesehatan dan juga diharapkan dapat digunakan sebagai sistem pemantauan pelayanan Puskesmas oleh Kepala Puskesmas dan Dinas Kesehatan akan menjadi lebih efektif. Hasil observasi didapatkan dalam menu gudang obat untuk input obat masuk ke gudang tidak bisa menyimpan data obat masuk dan muncul tampilan eror. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor - faktor yang mempengaruhi implementasi aplikasi SIKDA Generik di bagian Farmasi Puskesmas Kecipir Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, populasi dalam penelitian ini adalah petugas farmasi, petugas pengelola SIKDA Generik dan kepala puskesmas dengan jumlah sampel 4 responden. Pengolahan data dengan melakukan klasifikasi pada variabel yang diteliti dari hasil pengumpulan data dan analisa data dilakukan dengan cara analisa deskriptif. Hasil penelitian menggambarkan bahwa petugas sangat mendukung terhadap aplikasi SIKDA Generik, sarana prasarana sudah menunjang untuk aplikasi SIKDA Generik di bagian Farmasi akan tetapi infrastruktur aplikasi SIKDA Generik terdapat kendala atau eror pada saat mengentri obat masuk. Ada SOP pelaksanaan SIKDA Generik, mengusulkan bidang SIK yang khusus untuk menangani SIK di Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes agar cepat mengatasi masalah eror aplikasi SIKDA Generik serta rutin melakukan monitoring dan evaluasi aplikasi SIKDA Generik.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:57
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:57
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22493

    Actions (login required)

    View Item