UDiNus Repository

Hubungan Stress Kerja Dan Kompensasi Dengan Kinerja Petugas Surveilans Kesehatan (Gasurkes) Ibu Dan Anak Dalam Menurunkan Angka Kematian Ibu Di Kota Semarang Tahun 2016

YULIA, DEWI PUTRIKA (2017) Hubungan Stress Kerja Dan Kompensasi Dengan Kinerja Petugas Surveilans Kesehatan (Gasurkes) Ibu Dan Anak Dalam Menurunkan Angka Kematian Ibu Di Kota Semarang Tahun 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    HUBUNGAN STRESS KERJA DAN KOMPENSASI DENGAN KINERJA PETUGAS SURVEILANS KESEHATAN (GASURKES) IBU DAN ANAK DALAM MENURUNKAN ANGKA KEMATIAN IBU DI KOTA SEMARANG TAHUN 2016 LXV + 51 Hal + 23 Tabel + 2 Gambar + 6 Lampiran Tahun 2015 Pemerintah Kota Semarang bersama dengan Dinas Kesehatan Kota Semarang menciptakan Gasurkes Petugas Surveilans Kesehatan (Gasurkes) karena Semarang menempati AKI tertinggi tahun 2014. Survey awal menunjukkan bahwa Gasurkes mempunyai stress kerja dan masalah dengan kompensasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan Stress Kerja dan Kompensasi dengan Kinerja Gasurkes Ibu Dan Anak dalam Menurunkan AKI di Kota Semarang. Jenis penelitian ini kuantitatif menggunakan metode survey explanatory research dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel menggunakan semua Gasurkes di tiga kecamatan dengan AKI tertinggi (Pedurungan, Ngaliyan, Tembalang) yaitu 35 orang. Instrument penelitian menggunakan kuesioner. Data diolah dan dianalisa dengan menggunakan uji statistik Chi-square. Hasil penelitian (77,14%) menunjukkan bahwa sebagian besar Gasurkes memiliki stress kerja tinggi, kompensasi dalam bekerja tidak baik (51,4%) dan Gasurkes mempunyai kinerja yang baik (57,1%). Terdapat hubungan antara stress kerja (p value = 0,002) dan kompensasi (p value = 0,003) dengan kinerja Gasurkes KIA dalam menurunkan Angka Kematian Ibu di Kota Semarang. Gasurkes perlu memanfaatkan waktu monitoring untuk diskusi mengenai kesulitannya saat di lapangan, mengevaluasi kompensasi berdasarkan beban kerja Gasurkes seperti pemberian uang transport yang sesuai dengan tingkat pendidikannya, serta mengevaluasi kinerja Gasurkes dan memberikan reward kepada Gasurkes yang berprestasi.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:57
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:57
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22494

    Actions (login required)

    View Item