UDiNus Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN KERACUNAN PESTISIDA ANORGANIK TERHADAP ENZIM CHOLINESTERASE DALAM DARAH PADA PETANI HOLTIKULTURA DI DESA BATUR, KECAMATAN GETASAN, KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2017

CINTA, TRYA NUR (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN KERACUNAN PESTISIDA ANORGANIK TERHADAP ENZIM CHOLINESTERASE DALAM DARAH PADA PETANI HOLTIKULTURA DI DESA BATUR, KECAMATAN GETASAN, KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Untuk meningkatkan hasil pertanian para petani menggunakan pestisida. Pestisida merupakan bahan yang beracun sehingga sangat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian keracunan pestisida anorganik terhadap enzim cholinesterase dalam darah pada petani holtikultura anorganik di Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan penelitian observasional-analitik dengan menggunakan desain studi cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah 45 responden. Instrumen penelitian berupa daftar pertanyaan terstruktur, pengambilan sampel darah untuk uji cholinesterase. Hasil statistik dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara usia (p 0,18), tingkat pendidikan (p 0,546), masa kerja (p 0,279), jumlah pestisida (p 0,58), cara pengelolaan (p 1,000), kelengkapan APD (Alat Pelindung Diri) (p 1,000) terhadap kejadian keracunan pestida pada petani holtikultura anorganik di Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Namun adanya hubungan antara dosis (p 0,006) dengan kejadian keracunan pestida pada petani holtikultura anorganik di Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Untuk para petani sebaiknya lebih memperhatikan kelengkapan APD saat bekerja, bagi Dinas Kesehatan disarankan adanya pengelolaan dan pembinaan kesehatan kerja dan bagi peneliti lain diharapkan adanya penelitian lebih lanjut terhadap faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian keracunan pestisida dengan populasi yang lebih besar serta ruang lingkup yang lebih luas.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:57
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:57
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22496

    Actions (login required)

    View Item