UDiNus Repository

HUBUNGAN PENGGUNAAN PESTISIDA ANORGANIK TERHADAP KEJADIAN GANGGUAN PERNAPASAN PADA PETANI DI AREA PERTANIAN HORTIKULTURA DESA BATUR, KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2017 TAHUN 2017

WINDA, RAHMANIA INSANI (2017) HUBUNGAN PENGGUNAAN PESTISIDA ANORGANIK TERHADAP KEJADIAN GANGGUAN PERNAPASAN PADA PETANI DI AREA PERTANIAN HORTIKULTURA DESA BATUR, KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2017 TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Penggunaan pestisida selalu mengalami peningkatan khususnya Indonesia, karena mayoritas penduduknya bekerja di sektor pertanian. Salah satu wilayah yang penduduknya sebagian besar petani adalah Desa Batur, Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan dari penggunaan pestisida anorganik terhadap kejadian gangguan pernapasan pada petani di area pertanian hortikultura Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan cross sectional, dengan populasi kelompok tani Ngudi Rahayu di Desa Batur Kecamatan Getasan. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Total Sampling dengan memenuhi beberapa kriteria, yang ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan responden tergolong dalam usia produktif (91,7%), telah menggunakan dosis pestisida sesuai aturan (77,1%), menggunakan APD masker (72,9%), menggunakan jumlah pestisida yang tidak berlebih (60,4%), tidak memiliki kebiasaan merokok (52,1%). Dan tidak ada hubungan antara umur (p=0,221), tingkat pendidikan (p=0,283), masa kerja (p=0,852), jumlah pestisida (p=1,000), dosis pestisida (p=0,246), cara pengelolaan pestisida (p=0,303), penggunaan APD masker (p=0,246), dan kebiasaan merokok (p=0,382) dengan kejadian gangguan pernapasan pada petani di area pertanian hortikultura Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang tahun 2017. Faktor internal dan eksternal dari responden tidak ada menunjukkan adanya hubungan terhadap kejadian gangguan pernapasan. Semua petani wajib selalu memperhatikan petunjuk dalam penggunaan bahan kimia pestisida.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:57
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:57
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22497

    Actions (login required)

    View Item