UDiNus Repository

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT pH, VOLUME AIR, KELEMBABAN DAN JENIS PERINDUKAN POHON PISANG DENGAN KEBERADAAN JENTIK Aedes aegypti DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS HALMAHERA KOTA SEMARANG TAHUN 2017

SUSANTI, (2017) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT pH, VOLUME AIR, KELEMBABAN DAN JENIS PERINDUKAN POHON PISANG DENGAN KEBERADAAN JENTIK Aedes aegypti DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS HALMAHERA KOTA SEMARANG TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Pelapah pohon pisang adalah salah satu yang menjadi tempat perindukan jentik nyamuk Aedes aegypti, di wilayah kerja puskesmas Halmahera pada saat musim hujan. Pelapah pisang mas ditemukan jentik nyamuk, sehingga hal tersebut bisa menjadikan penemuan baru dari yang biasanya ditemukan jentik pada tempat-tempat seperti bak mandi, ember, dan lain-lain akan tetapi hal ini ditemukan di pelapah pohon pisang. Berdasarkan profil Kesehatan Dinas Kota Semarang tahun 2016 diketahui bahwa ABJ di wilayah kerja Puskesmas Halmahera 83,00% masih tergolong rendah yaitu masih dibawah target Nasional > 95%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara tingkat pH, volume air, kelembaban dan jenis perindukan pohon pisang dengan keberadaan jentik Aedes aegypti di wilayah kerja puskesmas Halmahera kota semarang tahun 2017. Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan cross sectional study, data primer dan data sekunder diolah dan dianalisis menggunakan uji statistik chi square. Sampel yang digunakan berjumlah 100 pelapah. tingkat pH optimal (7-8), volume air potensial (> 3 ml), dan kelembaban potensial (> 75%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara volume air (p=0,023) dan kelembaban (p=0,0001) dengan keberadaan jentik, sedangkan yang tidak ada hubungan antara tingkat pH (p=0,153) dan jenis perindukan pohon pisang (p=0,493) dengan keberadaan jentik. Dengan ditemukannya keberadaan jentik Aedes aegypti disarankan agar setiap masyarakat dapat melakukan pemeriksaan terhadap pelapah dengan baik, dan mengurangi jumlah pelapah pisang pada setiap pohon pisang, disamping untuk memberantas keberadaan jentik Aedes aegypti.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:57
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:57
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22500

    Actions (login required)

    View Item