UDiNus Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN BAKTERIOLOGIS AIR MINUM ISI ULANG (AMIU) PADA TINGKAT KONSUMEN DI SEKITAR UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG TAHUN 2017

AMANDA, SAPRILIANI (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN BAKTERIOLOGIS AIR MINUM ISI ULANG (AMIU) PADA TINGKAT KONSUMEN DI SEKITAR UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Salah satu sumber kehidupan yang mutlak adalah ketersediaan air dengan jumlah dan kualitas yang baik. Mahasiswa dan masyarakat yang berada di sekitar Universitas Dian Nuswantoro Semarang saat ini banyak yang memanfaatkan Depot Air Minum Isi Ulang untuk memenuhi kebutuhan air minum dengan isi ulang yang tidak perlu dimasak atau diolah kembali dengan harga terjangkau dan tersedia jasa pesan antar. Penggunaan Dispenser oleh konsumen yang mengisi galon dengan air minum isi ulang membuat penyajian air minum lebih efektif dan praktis tetapi konsumen cenderung tidak memperhatikan perawatan, kebersihan, dan lama penggunaannya yang dapat mengakibatkan pertumbuhan dan perkembangan bakteriologi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional yang menerapkan pendekatan cross sectional sedangkan uji laboratorium menggunakan metode MPN (Most Probable Number). Data yang diperoleh diolah dan dianalisa menggunakan uji statistik Spearmen Rho terhadap 30 sampel penelitian. Hasil menunjukan terdapat 16 sampel terdapat Coliform. Ada hubungan antara cara perawatan galon dan dispenser dengan jumlah Coliform (p=0.000), ada hubungan tingkat kebersihan galon dan dispenser dengan jumlah Coliform (p=0.000), ada hubungan antara lama penggunaan dengan jumlah Coliform (p=0.000) Diharapkan kepada konsumen AMIU untuk terus melakukan perawatan dan kebersihan galon serta dispensernya karena pencemaran bukan saja dari sumber air baku atau produsen saja tetapi dapat terjadi pula pada tingkat konsumen. untuk pemilik Depot sebaiknya lebih meningkatkan kebersihan DAMIU agar tidak terjadi kontaminasi bakteri baik dari hygiene petugas, proses pengolahan dan sanitasi peralatan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:57
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:57
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22502

    Actions (login required)

    View Item