UDiNus Repository

Analisa Kepatuhan Petugas TPPRJ Terhadap Pelaksanaan SPO Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Di RS Amanah Mahmudah Kabupaten Brebes

NURUL, KURNIASIH INDAH (2017) Analisa Kepatuhan Petugas TPPRJ Terhadap Pelaksanaan SPO Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Di RS Amanah Mahmudah Kabupaten Brebes. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (3869b) | Preview

    Abstract

    Berdasarkan survei awal pada 2 petugas TPPRJ, petugas tidak mematuhi SPO pendaftaran pasien rawat jalan, SPO yang tidak dipatuhi yaitu “petugas tidak mengucap salam” (90% dari 40 pelayanan) dan seluruh petugas tidak mencatat pada buku ekspedisi pasien rawat jalan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kepatuhan petugas TPPRJ dalam melaksanakan SPO pendaftaran pasien rawat jalan di RS Amanah Mahmudah Kabupaten Brebes. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan metode observasi dan wawancara terhadap 6 petugas. Data dianalisa deskriptif. Hasil penelitian menunjukan, Umur petugas TPPRJ berkisar antara 22-24 tahun, 5 orang petugas TPPRJ lulusan perguruan tinggi dan 1 orang lainnya lulusan SMA, pengalaman kerja petugas masih minim, masa kerja petugas terlama yaitu 3 tahun, di TPPRJ tidak perlu buku ekspedisi. 6 petugas TPPRJ dalam melayani 60 pasien masih belum mematuhi 2 dari 14 aspek SPO, 58,3% pada aspek ke-2 dan 100% pada aspek ke-12. SPO pendaftaran pasien rawat jalan tidak operasional. Saran, Perlu adanya sosialisasi isi SPO, penerapan sistem reward and punishment, dan bimbingan teknis mengenai prosedur yang ditetapkan dalam SPO.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:57
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:57
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22503

    Actions (login required)

    View Item