UDiNus Repository

FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI PADA PETANI PADI DI DUKUH SODONG KELURAHAN PURWOSARI KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG TAHUN 2017

USMAN, RIFAI (2017) FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI PADA PETANI PADI DI DUKUH SODONG KELURAHAN PURWOSARI KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (5Kb) | Preview

    Abstract

    PROGRAM STUDI S1 KESEHATAN MASYARAKAT FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS DIAN NUSWATORO SEMARANG 2017 ABSTRAK USMAN RIFAI FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI PADA PETANI PADI DI DUKUH SODONG KELURAHAN PURWOSARI KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG TAHUN 2017 XIX + 68 hal + 22 Tabel + 3 Gambar + 5 Lampiran Para petani di Dukuh Sodong cenderung tidak memperhatikan keselamatan dan kesehatan saat bertani. Kecelakaan kerja sering terjadi akan tetapi hanya disepelekan begitu saja. Dari survey awal yang dilakukan pada beberapa petani didapati bahwa para petani hanya memakai APD seadanya yaitu caping dan pakaian panjang saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan penggunaan APD. Penelitian ini merupakan studi deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner. Data primer maupun sekunder diolah dan dianalisa dengan menggunakan uji statistik Rank Spearman. Populasi penelitian ini berjumlah 60 orang dengan sampel berjumlah 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara ketersediaan fasilitas dengan kepatuhan penggunaan APD (p value 0,009), yang dapat disimpulkan bahwa semakin banyak APD yang tersedia maka semakin baik pula tingkat kepatuhan penggunaan APD serta faktor pengetahuan, sikap, peran teman dan peran penyuluh kesehatan tidak memiliki hubungan dengan tingkat kepatuhan penggunaan APD pada petani padi di Dukuh Sodong. Sebaiknya dari Organisasi Perkumpulan Tani ikut berperan aktif menyediakan fasilitas APD bagi petani dengan iuran bersama. Saling berbagi informasi tentang pencegahan-pencegahan kecelakaan kerja lewat pemakaian APD juga perlu dilakukan, Agar kesadaran para petani terhadap pemakaian APD semakin meningkat, serta kecelakaan kerja dapat terjadi bisa dihindarkan. Kata Kunci : Kepatuhan, APD, Petani Kepustakaan : 31, 1991-2017.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:57
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:57
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22506

    Actions (login required)

    View Item