UDiNus Repository

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP IBU, KETERSEDIAAN, KETERJANGKAUAN DENGAN PRAKTIK ANTENATAL CARE (ANC) YANG BERIMPLIKASI PADA ANGKA KEMATIAN BAYI DI KEPULAUAN KARIMUNJAWA JEPARA

APRILIA, PRATAMA PUTRI (2017) HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP IBU, KETERSEDIAAN, KETERJANGKAUAN DENGAN PRAKTIK ANTENATAL CARE (ANC) YANG BERIMPLIKASI PADA ANGKA KEMATIAN BAYI DI KEPULAUAN KARIMUNJAWA JEPARA. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Angka Kematian Bayi merupakan bayi yang mati setelah dilahirkan dengan kurun waktu 1-12 hari. Hal ini disebabkan karena penyebab yaitu dari pengetahuan ibu, sikap ibu, ketersediaan fasilitas kesehatan maupun keterjangkuan (jarak, biaya, waktu) dari pelayanan kesehatan. Keberhasilan AKB jika dilakukan praktek ANC secara teratur untuk ibu hamil Tujuannya agar ibu hamil melahirkan bayi dengan sehat dan untuk menurunkan AKB yang ssat ini masih cukup tinggi dan terutama untuk daerah jepara khususnya kepulauan karimunjawa. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif analitik dengan metode surveypurposive sampling dan pendekatan cross sectional. Variabel bebas penelitian yaitu pengetahuan, sikap, ketersediaan, keterjangkauan dan variabel terikatnya yaitu praktik ANC. Subyek dari penelitian yaitu ibu hamil yang mempunyai bayi sebanyak 59 ibu. Instrumen penelitian menggunkan kuesioner uji statistik yang digunakan yaitu Chi-Square dengan batas nilai ? yang digunakan adalah alpha 5 % atau p value 0,05. Sebagian besar responden memiliki pengetahuan baik (59,3%), sikap kurang (62,7%), ketersediaan baik (57,6%), keterjangkauan baik (55,9%), praktik ANC baik (66,1%) .Dari hasil hubungan antara varibel bebas yaitu keterjangkauan mempunyai hubungan dengan varibel terikat ANC dengan nilai p-value = 0,029 (p-value<0,05). Sedangkan untuk variabel bebas dari pengetahuan nilai p-value = 0,180 dan sikap nilai p-value = 0,402 dan ketersediaan p-value = 0,784 tidak mempunyai hubungan dengan ANC karena p-value?0,05. Pada para responden harus lebih memperhatikan kesehatan kehamilan. Kepada DKK jepara khusus bagian KIA terus mengawasi program kesehatan ibu dan anak yang ada di puskesmas karimunjawa.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:57
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:57
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22509

    Actions (login required)

    View Item