UDiNus Repository

HUBUNGAN FAKTOR INDIVIDU DENGAN SELF-EFFICACY IBU HAMIL DALAM PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TLOGOSARI KULON KOTA SEMARANG TAHUN 2017

ACHMAD, PRANOTO AGUS (2017) HUBUNGAN FAKTOR INDIVIDU DENGAN SELF-EFFICACY IBU HAMIL DALAM PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TLOGOSARI KULON KOTA SEMARANG TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Pada tahun 2016 terjadi 6 kasus kematian bayi diantaranya 2 kasus IUFD (intra uterine fetal death), 3 kasus perinatal dan 1 kasus neonatal di Puskesmas Tlogosari Kulon kota Semarang. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui hubungan faktor individu dengan self-efficacy ibu hamil dalam pemberian ASI Eksklusif di Puskesmas Tlogosari Kulon kota Semarang tahun 2017. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Survei Analitik dengan Pendekatan cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 88 ibu hamil. Instrumen data dengan wawancara terstruktur dan metode yang digunakan wawancara.Hasil analisis deskriptif bahwa 73,9% responden dikategorikan memiliki pengetahuan “baik”, 53,4% responden dikategorikan memiliki sikap “baik”, 58,0% responden dikategorikan memiliki harapan “baik”, dan 65,9% responden dikategorikan memiliki self-efficacy “baik”. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis chi-square diketahui ada hubungan pengetahuan dengan self-efficacy (p=0,033), tidak ada hubungan sikap dengan self-efficacy (p=0,645), tidak ada hubungan harapan dengan self-efficacy (p=0,528). Bagi Puskesmas sebaiknya melakukan edukasi per program promotif tentang pentingnya ASI Eksklusif pada kegiatan kelas ibu hamil yang di selenggarakan oleh Puskesmas Tlogosari Kulon seminggu sekali setiap bulannya. .

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:58
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:58
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22512

    Actions (login required)

    View Item