UDiNus Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KECELAKAAN KERJA PADA PEKERJA UD. PS INDUSTRI PINDANG JUWANA PATI TAHUN 2017

DEWI, FATIMAH (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KECELAKAAN KERJA PADA PEKERJA UD. PS INDUSTRI PINDANG JUWANA PATI TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Penerapan peraturan di UD.PS Industri Pindang Juwana dalam sistem kerjanya belum sama sekali diperhatikan. Hal ini dapat dilihat pada sarana kerja yang seadanya dan kurang sesuai, seperti lantai rusak, terdapat adanya saluran pembuangan air yang tersumbat, kurang tersediannya alat pelindung diri (APD), serta tidak adanya peringatan tanda bahaya. Sehingga dapat menyebabkan kecelakaan kerja Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kecelakaan kerja pada pekerja UD. PS Industri Pindang Juwana Pati. Penelitian ini merupakan penelitian analitik cross sectional. Dengan sampel 55 tenaga pekerja yang telah mengalami kecelakaan kerja dan yang belum mengalami kecelakaan kerja di UD. PS Industri Pindang Juwana Pati. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner yang diolah dengan spss menggunakan uji statistik product moment dan rank sperman. Hasil statistik menunjukkan dari 55 responden, 50 pekerja (90,9%) pernah mengalami kecelekaan kerja pada sat bekerja dalam kurun waktu 1 tahun terakhir. Kemudian tidak Ada Hubungan antara variabel umur, masa kerja, perilaku, lingkungan dan penggunaan APD dengan kecelakaan kerja. Ada hubungan variabel sikap kerja dengan kecelakaan kerja. Berdasarkan hasil penelitian itu maka sebaiknya Bagi pemilik perusahaan diharapkan memperbaiki lingkungan kerja. Seperti memperbaiki lantai yang berlubang, mebersihkan air yang menggenang, dan memperbaiki pencahayaan. Sebaiknya peraturan diperbaiki dan diperjelas agar pekerja dapat melaksanakan dengan baik. Bagi pekerja harus memperbaiki sikap kerja dan penggunaan APD.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:58
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:58
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22514

    Actions (login required)

    View Item