UDiNus Repository

HUBUNGAN ANTARA FAKTOR SOSIAL EKONOMI KELUARGA DENGAN STUNTING PADA REMAJA AWAL (STUDI DI SMPN 15 KOTA SEMARANG TAHUN 2017)

DONNA, HIDAYAT KUSWINTORO (2017) HUBUNGAN ANTARA FAKTOR SOSIAL EKONOMI KELUARGA DENGAN STUNTING PADA REMAJA AWAL (STUDI DI SMPN 15 KOTA SEMARANG TAHUN 2017). Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Stunting adalah kondisi tinggi badan yang tidak sesuai dengan usia sehingga terlihat pendek. Penyebab terjadinya stunting akibat kurangnya asupan gizi dan juga penyakit kronis dalam waktu lama. Jumlah pendapatan yang dihasilkan orangtua tidak mencukupi untuk pengeluaran kebutuhan rumah tangga dapat menjadikan asupan gizi yang terganggu sehingga anak stunting, berdasarakan hasil survey awal yang telah dilakukan didapatkan hasil 8,6% mengalami stunting dari 900 anak Penelitian ini menggunakan desain case control. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuisioner untuk mendapatkan data dari orangtua siswa SMPN 15 Kota Semarang. Jumlah populasi penelitian 84 orangtua siswa yang terdiri dari 42 orangtua sebagai kasus dengan anak yang mengalami stunting dan 42 orangtua dengan anak yang tidak mengalami stunting dengan variabel bebas pendidikan orangtua, pendapatan orangtua, pekerjaan orangtua, kepemilikan rumah, luas bangunan, kepemilikan kamar pribadi, kepemilikan kendaraan bermotor dan jumlah anggota keluarga, sedangkan variabel terikat kejadian stunting pada remaja awal. Uji statistik yang digunakan adalah uji Chi Square Berdasarkan hasil uji statistik yang telah dilakukan menunjukan ada hubungan antara pendapatan orangtua terhadap kejadian stunting pada remaja awal ( p-value 0,001), pekerjaan orangtua (p-value 0,025), kepemilikan rumah (p-value 0,043), sedangkan variabel pendidikan orangtua, kepemilikan kendaraan bermotor dan jumlah anggota keluarga tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap kejadian stunting pada remaja awal. Perlu adanya peningkatan pendidikan kesehatan masyarakat mengenai pentingnya asupan gizi yang cukup bagi anaknya, serta perlu adanya peningkatan pendapatan bagi keluarga yang berpendapatan dibawah UMR agar mereka dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:58
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:58
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22515

    Actions (login required)

    View Item