UDiNus Repository

ANALISIS KORELASI DAN SPASIAL POLA DIET DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN KEJADIAN DIABETES MELITUS DI INDONESIA (ANALISIS RKD 2013 DAN SDT: SKMI 2014)

AISYAH, RAHAYU PUJI (2017) ANALISIS KORELASI DAN SPASIAL POLA DIET DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN KEJADIAN DIABETES MELITUS DI INDONESIA (ANALISIS RKD 2013 DAN SDT: SKMI 2014). Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (3938b) | Preview

    Abstract

    Penyakit diabetes melitus telah menjadi penyebab kematian terbesar nomor ke-4 dari seluruh kematian dan semua kelompok umur di Indonesia. Masalah kelebihan gizi dan pola hidup sangat berkaitan dengan kejadian PTM, sehingga diduga ada hubungan yang erat antara meningkatnya angka kematian akibat PTM. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penyakit Diebetes Melitus pada penduduk Indonesia menurut konsumsi gula, lemak, dan serat serta persebarannya per provinsi. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berasal dari Riskesdas 2013 dan Survei Konsumsi Makanan Individu (SKMI) tahun 2014 dalam rangkaian Survei Diet Total (SDT). Data di analisis menggunakan analisis korelasi person dan analisis spasial dengan metode overlay. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara pola makan baik konsumsi gula(p value = 0,712), lemak (p value = 0,295) dan serat (p value = 0,701) terhadap kejadian DM serta terdapat korelasi negatif antara aktivitas fisik sendentari 3-5 jam/hari (p value = 0,002) dengan kejadian DM. Sebaiknya tetap menjaga pola makan dan olahraga secara teratur untu mengurangi resiko pemicu DM terutama bagi yang memiliki riwayat keluarga DM.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:58
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:58
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22516

    Actions (login required)

    View Item