UDiNus Repository

Prediksi Kebutuhan Tenaga Kerja Berdasarkan Beban Kerja di Bagian Loket Pendaftaran Rawat Jalan Poli Radioterapi RSUP Dr. Kariadi Semarang Tahun 2017

DHITA, SETYANINGRUM (2017) Prediksi Kebutuhan Tenaga Kerja Berdasarkan Beban Kerja di Bagian Loket Pendaftaran Rawat Jalan Poli Radioterapi RSUP Dr. Kariadi Semarang Tahun 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (3863b) | Preview

    Abstract

    Tempat pendaftaran rawat jalan poli radioterapi di RSUP dr. Kariadi Semarang memiliki 5 orang petugas. Loket pendaftaran pasien hanya ada 2 buah loket, kurangnya loket pendaftaran memicu terjadinya komplain karena waktu tunggu pendaftaran pasien lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan tenaga kerja berdasarkan beban kerja petugas pendaftaran poli radioterapi RSUP Dr. Kariadi Semarang tahun 2017. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan metode observasi dan wawancara. Subyek penelitian ini adalah petugas pendaftaran poli radioterapi sebanyak 5 orang dan obyek penelitian ini adalah beban kerja. Hasil penelitian menunjukkan, rata-rata jumlah kunjungan pasien per hari adalah 220 pasien. Rata-rata jumlah pasien yang dapat dilayani petugas yaitu 15 pasien per jam. Waktu kerja tersedia yaitu 1.848 jam per tahun. Standar kelonggaran petugas yaitu 1,00. Kuantitas kegiatan pokok yaitu 27.230,28 pasien per tahun. Jumlah kebutuhan petugas pendaftaran yaitu 9 orang. Saran, Perlu ada SOP yang jelas untuk petugas pendaftaran Poli Radioterapi, perlu penambahan petugas filing, menerapkan system pendaftaran elektronik saja, dan perlu petugas dengan kriteria lulusan DIII RMIK.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:58
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:58
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22517

    Actions (login required)

    View Item