UDiNus Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI PADA PETANI PENGGUNA PESTISIDA DI DESA BATUR KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG 2017

LISA, TANTRI SISVI (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI PADA PETANI PENGGUNA PESTISIDA DI DESA BATUR KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Penyemprotan pestisida yang tidak diimbangi dengan pemakaian alat pelindung diri (APD) akan mengakibatkan dampak kesehatan bagi manusia, ada beberapa faktor yang berpengaruh terhadap tingkat kepatuhan prnggunaan APD pada manusia diantaranya yaitu tingkat pengetahuan, umur petani, masa kerja, motivasi, peran serta teman kerja dan ketersediaan APD. Tujuan penelitian ini yaitu Menganalisis faktor yang berhubungan dengan tingkat kepatuhan penggunaan APD pada petani pengguna pestisida di Desa Batur pada kelompok tani Ngudi Rahayu. Desain penelitian ini adalah cross sectional dengan menggunakan kuesioner sebagai instrument penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok tani Ngudi Rahayu di Desa Batur Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang sebanyak 48 petani menggunakan teknik total sampling. Penelitian ini menggunakan uji kolerasi Rank Sperman (? =0,05). Hasil uji kolerasi didapatkan variabel umur ?=0,221, tingkat pendidikan ?=0,080, masa kerja ?=0,169, pengetahuan APD ?=0,140, motivasi ?=0,168, peran teman ?=0,245, dan ketersediaan APD ?=0,009 adanya hubungan antara ketersediaan APD dengan kepatuhan penggunaan APD dan tidak adanya hubungan antara umur, masa kerja, pengetahuan, motivasi dan peran teman kerja dengan kepatuhan penggunaan APD. Bagi para responden sebaiknya dapat meningkatkan pengetahuan dan motivasi mengenai Alat pelindung diri serta melengkapi ketersediaan APD agar dapat lebih meningkatkan kepatuhan penggunaan APD secara lengkap dan menyediakan toko APD disekitar pemukiman warga untuk mempermudah petani dalam membeli peralatan APD.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:58
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:58
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22518

    Actions (login required)

    View Item