UDiNus Repository

Analisis Kemampuan Diri dan Praktek Pekerja Bagian Lapangan PT. Pertamina (Persero) TBBM Semarang Group Dalam Berperilaku Aman Saat Bekerja Sebelum dan Setelah Terpapar Media Video

GHERIL, RENJA PRANITA (2017) Analisis Kemampuan Diri dan Praktek Pekerja Bagian Lapangan PT. Pertamina (Persero) TBBM Semarang Group Dalam Berperilaku Aman Saat Bekerja Sebelum dan Setelah Terpapar Media Video. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Survey awal di PT. Pertamina (Persero) TBBM Semarang Group dengan melakukan observasi diketahui beberapa pekerja tidak menggunakan APD lengkap dan bekerja kadang-kadang tidak aman sehingga berisiko terjadi kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja. Perilaku aman atau tidak aman pekerja dipengaruhi oleh kemampuan diri yang dimiliki seseorang.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan antara kemampuan diri dan praktik pekerja dalam berperilaku aman sebelum dan setelah terpapar media video. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan pendekatan pretest posttest group dimana responden diberikan perlakuan berupa paparan media video. Populasi dalam penelitian ini adalah pekerja bagian lapangan dan diperoleh sampel sebanyak 40 responden.Uji statistik yang digunakan untuk mengetahui adanya perbedaan antara dua variabel adalah uji wilcoxon.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara. Hasil Uji statistik diketahui karakteristik responden semuanya berjenis kelamin laki-laki, Umur terendah responden 22 tahun dan tertinggi 59 tahun. 70% atau 28 responden berpendidikan SMA/SMK dan masa kerja responden minimal 1 tahun maksimal 34 tahun. 80% atau 32 responden berstatus menikah. Uji perbedaan didapatkan hasil ada perbedaan peningkatan kemampuan diri dan praktek sebelum dan setelah terpapar media video. Dengan nilai probabilitas variabel kemampuan diri dan praktek sebesar 0.000 (<0.05) yang berarti terdapat perbedaan anatar dua variabel tersebut.Peningkatan nilai rata-rata pretest kemampuan diri 35,925 menjadi 39,800 (posttest).Dan variabel praktek dengan peningkatan nilai rata-rata pretest 55,55 menjadi 60,80 (posttest). Dari hasil penelitian tersebut diharapkan perusahaan lebih meningkatkan pengawasan terhadap pekerja dalam berperilaku aman dan lebih menekankan peyuluhan, promosi K3 dll khusunya dalam penggunaan masker, pengaman tubuh, pelindung telinga dan mengendarai dengan kecepatan maksimal 10km/jam.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:58
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:58
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22522

    Actions (login required)

    View Item