UDiNus Repository

HUBUNGAN KARAKTERISTIK DAN MOTIVASI KADER DENGAN PRAKTIK PENEMUAN SUSPEK TUBERKULOSIS PARU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BULU LOR TAHUN 2017

NURUL, HIKMAH (2017) HUBUNGAN KARAKTERISTIK DAN MOTIVASI KADER DENGAN PRAKTIK PENEMUAN SUSPEK TUBERKULOSIS PARU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BULU LOR TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Angka penemuan kasus Tuberkulosis Paru di puskesmas Bulu Lor masih dibawah target yaitu sebesar 28,57% pada tahun 2015 dengan suspekTB Paru sebanyak 81 orang. Peran kader dalam praktik penemuan suspek TB Paru secara aktif memberikan kontribusi yang cukup besar. Namun pada pelaksanaannya belum semua kader berperan aktif dalam praktik penemuan suspek TB Paru.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan karakteristik dan motivasi kader dengan praktik penemuan suspek TB Paru di wilayah kerja puskesmas Bulu Lor Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan cross sectional.Populasi penelitian adalah kader posyandu berjumlah 92 orang dengan sampel berjumlah 75 orang. Teknik pengambilan data melalui wawancara dengan pedoman kuesioner. Uji yang digunakan adalah uji chi square, fisher exact test, dan rank spearman rho. Hasil penelitian menunjukkan bahwada hubungan antara umur dengan praktik penemuan suspek TB Paru (p=0,003), ada hubungan antara pekerjaan dengan praktik penemuan suspek TB Paru (p=0,034), ada hubungan antara tingkat pendidikan dengan praktik penemuan suspek TB Paru (p=0,001), ada hubungan antara masa kerja dengan praktik penemuan suspek TB Paru (p=0,001), ada hubungan antara motivasi dengan praktik penemuan suspek TB Paru (p=0,001). Bagi Puskesmas disarankan meningkatkan peran aktif kader dalam praktik penemuan suspek TB Paru sebagai upaya meningkatkan cakupan penemuan kasus TB Paru dengan memberikan dorongan, bimbingan, pelatihan atau reward kepada kader dan melakukan pendampingan dalam pelaksanaannya, bukan hanya kepada kader TB Paru saja.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:58
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:58
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22525

    Actions (login required)

    View Item