UDiNus Repository

ANALISIS PEMETAAN DATA KUNJUNGAN PASIEN RAWAT INAP WILAYAH KABUPATEN SEMARANG DENGAN MENGGUNAKAN SIG DI RSUD UNGARAN TAHUN 2016

BHANDA, ARYANI GARIKA (2017) ANALISIS PEMETAAN DATA KUNJUNGAN PASIEN RAWAT INAP WILAYAH KABUPATEN SEMARANG DENGAN MENGGUNAKAN SIG DI RSUD UNGARAN TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4078b) | Preview

    Abstract

    Angka kunjungan pasien di RSUD Ungaran berkisar antara 50-200 pasien perharinya pada bulan mei 2017. Namun pihak rumah sakit tidak tahu dari mana asal pasien datang. Penyajian pelaporan rumah sakit di RSUD Ungaran belum memanfaatkan sistem informasi berbasis geografis (SIG). Penelitian ini bertujuan untuk membuat pemetaan data kunjungan pasien untuk memenuhi kebutuhan pelaporan rumah sakit lainnya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Variabel penelitian ini berdasarkan kecamatan, jenis kelamin dan usia. Aplikasi Arcview digunakan untuk mempermudah proses pengolahan data. Hasil penelitian menunjukkan jumlah kunjungan pasien rawat inap tahun 2016 adalah 5.182 pasien. Berdasarkan kecamatan jumlah kunjungan pasien tertinggi dari Kecamatan Ungaran Timur sebanyak 36,60% pasien. Berdasarkan jenis kelamin kunjungan tertinggi adalah pasien perempuan sebanyak 20,03% dari kecamatan ungaran timur. Berdasarkan usia, sebagian besar pasien berusia ?15 tahun (26,59%) dari Kecamatan Ungaran Barat. Oleh Sebab itu, perlu menambahkan pemetaan secara perkecamatan dalam 1 Kabupaten Semarang baik berdasarkan kecamatan, jenis kelamin dan usia untuk memantau perkembangan jumlah kunjungan pasien dapat memberikan pelayanan kesehatan promotif yang lebih baik ke seluruh wilayah Kabupaten Semarang.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:58
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:58
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22527

    Actions (login required)

    View Item