UDiNus Repository

FAKTOR-FAKTOR RISIKO KEJADIAN PENYAKIT JANTUNG KORONER (PJK) PADA WANITA USIA >= 40 TAHUN DI RSUD TUGUREJO SEMARANG TAHUN 2016

ISTIQOMAH, (2017) FAKTOR-FAKTOR RISIKO KEJADIAN PENYAKIT JANTUNG KORONER (PJK) PADA WANITA USIA >= 40 TAHUN DI RSUD TUGUREJO SEMARANG TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    PROGRAM STUDI S1 KESEHATAN MASYARAKAT FAKULTAS KESEHATAN UNIVERSITAS DAIN NUSWANTORO SEMARANG 2017 ABSTRAK ISTIQOMAH FAKTOR-FAKTOR RISIKO KEJADIAN PENYAKIT JANTUNG KORONER (PJK) PADA WANITA USIA ? 40 TAHUN DI RSUD TUGUREJO SEMARANG TAHUN 2016. xii + 67 halaman + 12 tabel + 4 gambar + 12 lampiran Penyakit jantung koroner terjadi akibat adanya penyempitan arteri koroner. Penyempitan terjadi karena adanya endapan kolesterol dan lemak sehingga menyebabkan suplai darah ke jantung terganggu. Penyakit kardiovaskular yang selalu menempati urutan paling tinggi yaitu PJK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor risiko kejadian penyakit jantung koroner (PJK) pada wanita usia ? 40 tahun di RSUD Tugurejo Semarang tahun 2016. Sampel penelitian ini yaitu berjumlah 76 pasien yang terdiri dari 38 kasus dan 38 kontrol. Jenis penelitian ini adalah analitik kuantitatif dengan pendekatan case control. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil data sekunder pada rekam medis RSUD Tugurejo Semarang. Data dianalisa menggunakan uji statistik chi-square dan odds ratio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara diabetes melitus (p=0,629 ), hipertensi (p= 0,163), dislipidemia (p=0,260), kadar trigliserida (p=0,493), obesitas (p= 1,000) dengan kejadian PJK. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat eksplorasi dengan data primer sehingga bisa meneliti faktor risiko PJK yang berhubungan dengan perilaku pada wanita seperti olahraga, menopause, paparan asap rokok orang lain dan fakor risiko PJK lainnya.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:58
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:58
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22528

    Actions (login required)

    View Item