UDiNus Repository

ANALISIS HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PRAKTIK HIGIENE SANITASI PADA PEKERJA DI PENGASAPAN IKAN DI BANDARHARJO KECAMATAN SEMARANG UTARA

ASYSIA, ROYANASYA YAN (2017) ANALISIS HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PRAKTIK HIGIENE SANITASI PADA PEKERJA DI PENGASAPAN IKAN DI BANDARHARJO KECAMATAN SEMARANG UTARA. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    PROGRAM STUDI S1 KESEHATAN MASYARAKAT FAKULTAS KESEHATAN UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG2017 ABSTRAK ASYSIA YAN ROYANASYA ANALISIS HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PRAKTIK HIGIENE SANITASI PADA PEKERJA PENGASAPAN IKAN DI BANDARHARJO KECAMATAN SEMARANG UTARA xviii + 84 hal + 18 tabel + 9 gambar + 8 lampiran Higiene sanitasi makanan adalah salah satu upaya untuk menjamin kualitas makanan dari pencemaran selama proses pengolahannya. Bandarharjo sebagai tempat pengasapan ikan di wilayah kota Semarang Utara. Proses pengasapan yang di mulai pencucian ikan, memotong ikan, pelidian ikan, mengasap ikan. Ketika mengasap ikan perkerja tidak memperhatikan higiene sanitasi.Dan pekerja sebagai salah satu faktor yang berpotensi dalam pencemaran tersebut.Tujuan dari penelitian adalah mendeskripsikan pengetahuan, sikap dan praktik higiene sanitasi dan menganalisis hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan praktik tentang higiene sanitasi. Jenis penelitian adalah observasional dengan desain pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pekerja pengasapan ikan di Bandarharjo Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang sebanyak 112 pekerja.Analisis data dengan menggunakan uji univariat, bivariat, validitas, reliabilitas dan normalitas. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara pengetahuan dengan praktik higiene sanitasi. Hasil p value 0,000< 0,05 dan koefisien korelasi 0,860.Tidak ada hubungan antara sikap dengan praktik higiene sanitasi. Hasil p value 0,519 > 0,05 dan koefisien korelasi 0,118. Bagi para pemilik usaha menyediakan fasilitas alat pelindung diri, menyediakan tempat cuci tangan, seragam kerja, dan menyediakan air bersih. Kata Kunci : pengetahuan, sikap, praktik higiene sanitasi Kepustakaan : 28 buku ( tahun 2001- 2015)

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:58
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:58
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22531

    Actions (login required)

    View Item