UDiNus Repository

HUBUNGAN FAKTOR MANUSIA DENGAN KECELAKAAN KERJA PADA PENGRAJIN KAYU DESA MANTINGAN KECAMATAN TAHUNAN KABUPATEN JEPARA 2017

DIAN, IMANIYAH OKTAFIANIS (2017) HUBUNGAN FAKTOR MANUSIA DENGAN KECELAKAAN KERJA PADA PENGRAJIN KAYU DESA MANTINGAN KECAMATAN TAHUNAN KABUPATEN JEPARA 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Kecelakaan kerja yaitu suatu kejadian yang tidak di inginkan dan tidak di ketahui kapan terjadinya, yang menyebabkan cidera, kesakitan, kerusakan atau kerugian lainnya tetapi hal tersebut dapat dicegah. Desa mantingan adalah salah satu wilayah penghasil kerajinan kayu yang berada pada kabupaten jepara dan mempunyai risiko kecelakaan kerja yang besar dari pekerjaan sebagai pengrajin kayu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor manusia dengan kecelakaan kerja pada pengrajin kayu di desa mantingan kecamatan tahunan kabupaten jepara. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian berjumlah 37 responden dengan teknik accidential sampling. Uji statistik yang digunakan untuk mengetahui ada hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat adalah uji rank spearman’s teknik pengambilan datanya menggunakan kuesioner kepada responden. Dari hasil penelitian menunjukan 43,2% pernah mengalami kecelakaan kerja. Berdasarkan hasil uji statistik menyatakan Ada hubungan antara usia dengan kecelakaan kerja (p=0,039), Tidak ada hubungan antara masa kerja dengan kecelakaan kerja (p=0,532), Tidak ada hubungan antara alat pelindung diri dengan kecelakaan kerja (p=0,955), Ada hubungan antara pengetahuan dengan kecelakaan kerja (0,013),Tidak Ada hubungan antara postur tubuh dengan kecelakaan kerja (0,153), Ada hubungan antara tindakan berbahaya dengan kecelakaan kerja (0,005). Saran bagi pemilik usaha kerajinan kayu untuk membuat aturan yang mewajibkan pekerjanya menggunakan alat pelindung diri dan menyediakannya serta memberikan teguran keras kepada pekerja yang tidak menggunakan alat pelindung diri.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:58
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:58
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22533

    Actions (login required)

    View Item