UDiNus Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN NIAT IBU HAMIL UNTUK MEMBERIKAN ASI EKSKLUSIF DI PUSKESMAS TLOGOSARI KULON TAHUN 2017

EMMA, FITRIANA SOVIA (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN NIAT IBU HAMIL UNTUK MEMBERIKAN ASI EKSKLUSIF DI PUSKESMAS TLOGOSARI KULON TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Mengurangi kematian bayi merupakan salah satu target SDGs. Kematian bayi dapat dicegah dengan pemberian ASI Eksklusif. Pemberian ASI Ekslusif terjadi karena ada niat. Niat menentukan perilaku seseorang untuk melakukan atau tidak perilaku tersebut. Tujuan penelitian adalah menganalisis faktor yang berhubungan dengan niat untuk memberikan ASI Eksklusif di Puskesmas Tlogosari Kulon. Jenis penelitian adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah 88 responden. Data diperoleh menggunakan kuesioner dan kemudian dianalisis menggunakan Fisher Exact dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian adalah karakteristik responden sebagian besar berusia 20-35 tahun (93.2%), tidak bekerja (58.0%), gravida ke 2 (43.2%), partus ke 1 (43.2%), belum pernah mengalami abortus (89.8%), usia kehamilan 7-9 bulan (47.7%) dan tidak mempunyai riwayat penyakit (79.5%). Sebagian besar responden memiliki niat untuk memberikan ASI Eksklusif yaitu sebanyak 97.7%. Responden memiliki sikap yang baik (53.4%), mendapat dukungan norma subjektif 58.0% dan dukungan norma penting sebesar 61.4%. Hasil uji hubungan didapat tidak ada hubungan antara sikap dengan niat ibu hamil untuk memberikan ASI Eksklusif dengan (p value= 1,000), tidak ada hubungan antara norma subjektif dengan niat ibu hamil untuk memberikan ASI Eksklusif dengan (p value= 0,174) dan tidak adanya hubungan antara norma penting dengan niat ibu hamil untuk memberikan ASI Eksklusif dengan (p value= 0,147). Saran penelitian adalah petugas kesehatan meningkatkan sikap responden tentang manfaat ASI Eksklusif bagi ibu. Sedangkan bagi masyarakat perlu meningkatkan peran untuk memberikan dukungan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:59
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:59
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22535

    Actions (login required)

    View Item