UDiNus Repository

HUBUNGAN ANTARA BEBAN KERJA, LAMA KERJA DAN MASA KERJA DENGAN KELUHAN MUSKULOSKELETAL PADA PEKERJA WANITA DI KONVEKSI ANEKA GUNUNGPATI SEMARANG TAHUN 2017

WINDA, TIARASARI NUR (2017) HUBUNGAN ANTARA BEBAN KERJA, LAMA KERJA DAN MASA KERJA DENGAN KELUHAN MUSKULOSKELETAL PADA PEKERJA WANITA DI KONVEKSI ANEKA GUNUNGPATI SEMARANG TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Penyakit otot rangka atau muskuloskeletal disorders (MSDs) adalah penyakit yang timbul akibat suatu pekerjaan yang dilakukan secara terus menerus. Keluhan muskuloskeletal adalah keluhan yang dirasakan oleh seseorang pada bagian–bagian otot skeletal mulai keluhan yang ringan hingga sangat sakit. Apabila otot menerima beban statis secara berulang dan dalam waktu yang lama, dari tubuh seseorang dapat menimbulkan keluhan berupa kerusakan pada sendi, ligamen, dan tendon. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan beban kerja, lama kerja, dan masa kerja dengan keluhan muskuloskeletal pada pekerja penjahit wanita di konveksi Aneka Gunungpati Semarang. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional dan metode total sampling. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh pekerja konveksi pada bagian khusus menjahit berjumlah 37 pekerja. Variabel bebas yaitu beban kerja, lama kerja, dan masa kerja dan variabel terikatnya keluhan muskuloskeletal. Pengambilan data menggunakan kuesioner dan keluhan muskuloskeletal menggunakan metode Nordic Body Map. Uji statistik yang digunakan adalah Rank Spearmans. Hasil yang diperoleh pekerja dengan beban kerja ringan sebanyak 48,6%, pekerja dengan lama kerja <=7 jam sebanyak 54% dan pekerja dengan masa kerja >4 tahun sebanyak 78,3%. Setelah melakukan uji diperoleh ada hubungan yang signifikan antara beban kerja dengan keluhan Muskuloskeletal (p-value = 0,002). Tidak ada hubungan yang signifikan antara lama kerja (p-value = 0,604) dan masa kerja (p-value = 0,302) dengan keluhan Muskuloskeletal pada pekerja wanita di konveksi Aneka Gunungpati Semarang. Saran bagi para pekerja harus menggunakan waktu istirahat dengan sebaik mungkin dan melakukan relaksasi disela-sela pekerjaan. Bagi perusahaan memberikan prosedur ditempat kerja mengenai standar operasional jam kerja.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:59
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:59
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22536

    Actions (login required)

    View Item