UDiNus Repository

Hubungan Antara Unsafe Action dan Unsafe Condition dengan Kejadian Kecelakaan Kerja pada Proses Pemanenan Padi di Dukuh Sodong Desa Purwosari Kecamatan Mijen Kota Semarang 2017

IMAN, SUWANDANI DJATI (2017) Hubungan Antara Unsafe Action dan Unsafe Condition dengan Kejadian Kecelakaan Kerja pada Proses Pemanenan Padi di Dukuh Sodong Desa Purwosari Kecamatan Mijen Kota Semarang 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Dukuh Sodong Desa Purwosari Kecamatan Mijen Kota Semarang mayoritas berkerja sebagai petani padi gambaran lokasi (Unsafe Condittion) daerah persawahan dukuh sodong berbentuk terasering dan sebagian warga memiliki sawah jauh dari jalan transportasi, oleh sebab itu pada proses pemanenan masih menggunakan alat tradisional dengan menggunakan alat tradisional petani bayak melakukan aktifitas fisik hal ini apabila petani berprilaku berbahaya (Unsafe Action) maka petani tersebut berisiko besar untuk mengalami kecelakaan kerja. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan unsafe action dan unsafe condition dengan kecelakaan kerja pada proses pemanenan padi di Dukuh Sodong Desa Purwosari Kecamatan Mijen Kota Semarang, Jenis penelitian ini menggunakan analitik observasional pendekatan cross sectional metode kuantitatif. Populasi penelitian anggota kelompok tani Mbangun Karso di Dukuh Sodong Desa Purwosari Kecamatan Mijen Kota Semarang sejumlah 60 anggota di peroleh 35 sampel dengan menggunakan Accedetal sampling yaitu mengundang anggotan kolompok tani Bangun Karso dan uji hubungan statistik spss mengunakan uji rank spearmen’s Hasil yang diperoleh petani yang berperilaku berbahaya (unsafe action) 45,7% dan petani yang merasa kondisi berbahaya (unsafe condition) 45,7% setelah melakukan uji hubungan dengan kejadian kecelakaan kerja di peroleh hasil tidak ada hubungan unsafe action (p=0,419) dan ada hubungan unsafe condition(p=0,003) dengan kejadian kecelakaan kerja. Saran bagi petani selalu berhati hati dalam bertani,menggunakan APD yang sesuai dan selalu menciptakan kondisi yang nyaman dalam berkerja. Bagi pemerintah perlu perhatian khusus di sektor pertain khususnya di bidang kesehatan dan keselamatan kerja petani penyuluhan pentingnya menggunakan APD dan menciptakan kondisi aman dan perlu mesin pemanen dengan kondisi berbukit tidak rata (terasering)

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:59
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:59
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22537

    Actions (login required)

    View Item