UDiNus Repository

FAKTOR-FAKTOR PRIMER YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELUHAN MUSKULOSKELETAL PADA PETANI PADI DI DUKUH SODONG KELURAHAN PURWOSARI KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG TAHUN 2017

IHWAN, (2017) FAKTOR-FAKTOR PRIMER YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELUHAN MUSKULOSKELETAL PADA PETANI PADI DI DUKUH SODONG KELURAHAN PURWOSARI KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Warga Dukuh Sodong Kelurahan Purwosari Kecamatan Mijen Kota Semarang merupakan sebagian besar adalah petani. Petani mampu menghasilkan padi sebanyak 4-9 ton untuk perhektarnya. Kegiatan yang dilakukan oleh petani sangat mempengaruhi terjadinnya keluhan muskuloskeletal. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor primer yang berhubungan dengan keluhan musculoskeletal pada petani padi di Dukuh Sodong Kelurahan Purwosari Kecamatan Mijen Kota Semarang tahun 2017. Jenis penelitian ini menggunakan analitik observasional dengan pendekatan cross sectional kuantitatif. Populasi penelitian adalah petani padi di Dukuh Sodong Kelurahan Purwosari Kecamatan Mijen Kota Semarang sejumlah 60 orang yang aktif setelah dilakukan penyebaran undangan petani yang hadir sebanyak 35 orang dan di jadikan sampel. Variabel yang di teliti yaitu peregangan otot berlebihan ,aktivitas berulang dan sikap kerja tidak alamiah untuk pengambilan data menggunakan kuesioner serta variabel keluhan muskuloskeletal menggunakan metode Nordic Body Map (NBM). Analisis statistik yang di gunakan dalam penelitian ini adalah person product momen dan rank spearman’s Berdasarkan uji statistic diketahui tdak ada hubungan pereganngan otot berlebihan (p-value= 0,738), aktivitas berulang (p-value= 0,771), dan sikap kerja tidak alamiah (p-value= 0,613) dengan keluhan musculoskeletal. Perlu ada peran aktif penyuluhan oleh Dinas Kesehatan di wilayah Dukuk Sodong Kelurahan Purwosari Kecamatan Mijen Kota Semarang sehingga menerapkan pola kerja yang baik dan benar agar tidak mengganggu kesehatan dan produktivitas kerja.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:59
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:59
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22540

    Actions (login required)

    View Item