UDiNus Repository

TINJAUAN KEBIJAKAN DAN PERAN PETUGAS REKAM MEDIS DALAM PENYIMPANAN DRM RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA SEMARANG TAHUN 2017

DIAH, FATMAWATI (2017) TINJAUAN KEBIJAKAN DAN PERAN PETUGAS REKAM MEDIS DALAM PENYIMPANAN DRM RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA SEMARANG TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4056b) | Preview

    Abstract

    Sistem penjajaran filing rawat inap di RS. Bhayangkara Semarang menggunakan metode Terminal Digit Filing. Namun masih ada DRM yang tidak tersusun rapi sesuai penjajarannya dan DRM tahun 2015 – 2016 belum ditata di rak filing meskipun masih ada tempat yang cukup untuk menyimpan DRM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kebijakan dan peran petugas dalam penyimpanan DRM rawat inap. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan metode observasi dan wawancara. Subyek penelitian adalah kepala rekam medis dan 4 petugas rekam medis. Objek penelitian adalah kebijakan dan peran petugas dalam penyimpanan DRM rawat inap. Hasil penelitian menunjukkan alur penyimpanan belum dilaksanakan sesuai SOP, DRM masih disimpan didalam kardus sehingga sistem penjajaran tidak dilakukan sesuai aturan rumah sakit. Kebijakan penyimpanan DRM belum dilakukan dengan baik, seperti sistem penyimpanan yang digunakan sentralisasi namun kenyataanya secara desentralisasi. Kendala retensi, tidak ada petugas filing rawat inap, rak filing serta ruang arsip yang kurang luas. Petugas sudah melakukan tugas sesuai dengan perannya. Saran, Petugas dibriefing agar mengetahui kebijakan yang ada di unit rekam medis. Sistem penyimpanan dilaksanan secara sentralisasi dengan sistem penjajaran secara TDF dan mengumumkan SOP langkah-langkah penyimpanan dan penjajaran.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:59
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:59
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22542

    Actions (login required)

    View Item