UDiNus Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN NIAT IBU HAMIL DALAM MELAKUKAN KUNJUNGAN KEHAMILAN KE EMPAT (K4) DI PUSKESMAS PUDAKPAYUNG KOTA SEMARANG TAHUN 2017

IMELDA, RIZDIAWANTY (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN NIAT IBU HAMIL DALAM MELAKUKAN KUNJUNGAN KEHAMILAN KE EMPAT (K4) DI PUSKESMAS PUDAKPAYUNG KOTA SEMARANG TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    PROGRAM STUDI S1 KESEHATAN MASYARAKAT FAKULTAS KESEHATAN UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG 2017 ABSTRAK IMELDA RIZDIAWANTY FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN NIAT IBU HAMIL DALAM MELAKUKAN KUNJUNGAN KE EMPAT (K4) DI PUSKESMAS PUDAKPAYUNG KOTA SEMARANG TAHUN 2017 Niat adalah keinginan yang diartikan suatu kondisi dan sifatmelalui pengetahuan yang di peroleh dari setiap individu.Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan niat ibu hamil dalam melakukan kunjungan kehamilan ke empat (K4) di Puskesmas Pudak Payung Kota Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Explanatory Research dengan menggunakan metode survei serta pendekatan Cross Sectional. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Populasi penelitian ini berjumlah 73 orang dengan penentuan sampel menggunakan Simple Random Sampling sehingga didapatkan sampel 42 orang. Karakteristik umur kehamilan responden paling banyak pada umur 21-30 minggu (64,3%), pekerjaan swasta (81%) , pendidikan SMA dan S1 (50%), alat transportasi motor (83,3%) dan media informasi Televisi & Hp ( 83,3%) Hasil penelitian dari uji Chi-Square menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara faktor dukungan sosial (p-value=0,537), faktor akses informasi kesehatan (p-value=0,820), situasi pendukung (p-value=0,432) dan otonomi pribadi (p-value=0,101) dengan niat ibu hamil dalam melakukan kunjungan kehamilan ke empat (K4) Untuk Petugas kesehatan di Puskesmas agar meningkatkan program untuk edukasi kepada ibu hamil maupun keluarga tentang kesehatan kehamilan dan pentingnya melakukan kunjungan kehamilan dengan lengkap sampai dengan persalinan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:59
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:59
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22543

    Actions (login required)

    View Item