UDiNus Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU ANTE NATAL CARE (ANC) PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS TLOGOSARI KULON TAHUN 2017

SUCIA, NADILA (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU ANTE NATAL CARE (ANC) PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS TLOGOSARI KULON TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Kurangnya pengetahuan ibu terhadap pemeriksaan ANC (Ante Natal Care) untuk melihat riwayat penyakit menular atau tidak menular sehingga menyebabkan faktor risiko tinggi pada ibu hamil. Penyebab kematian ibu tertinggi yaitu karena tumor otak, kanker tulang, kanker getah bening, penyakit jantung bawaan (PJB), kanker mamae dan AIDS. Tujuan adanya penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku ante natal care pada ibu hamil. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan Cross Sectional dengan metode kuantitatif dengan instrumen kuesioner dan wawancara yang digunakan untuk uji faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku ante natal care dengan jumlah populasi 292 dan data yang diambil sejumlah 88 ibu hamil. Analisis data menggunakan uji Fisher Exact Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara umur (p=1,000), pendidikan (p=0,589), jumlah anak (p=0,179), peristiwa pada kehamilan lalu (p=1,000), saran petugas kesehatan (p=0,342), persepsi (p=0,251) dengan perilaku ante natal care dan terdapat hubungan yang signifikan antara keadaan kesehatan (p=0,044). Kebanyakan ibu hamil sudah sesuai dalam melakukan pemeriksaan kehamilan dari trimester ke-1 sampai trimester ke-4. Ibu hamil melakukan pemeriksaan setiap bulan agar menjaga kehamilan dan dapat mendeteksi risiko dini terhadap kehamilan. Bagi petugas kesehatan dapat memberikan materi atau memberikan penyuluhan mengenai pemeriksaan kehamilan agar ibu hamil dapat melakukan pemeriksaan secara rutin dan mendeteksi dini risiko terhadap kehamilan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:59
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:59
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22546

    Actions (login required)

    View Item