UDiNus Repository

Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kapasitas Vital Paru Pekerja Pengasapan Ikan Sektor Informal Kelurahan Bandaharjo Semarang Tahun 2017

DISKA, ROSITA MAULINA (2017) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kapasitas Vital Paru Pekerja Pengasapan Ikan Sektor Informal Kelurahan Bandaharjo Semarang Tahun 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Pengasapan ikan Bandarhajo adalah sentra pengasapan ikan di Semarang proses produksinya masih menggunakan cara tradisional dengan batok kelapa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah ada hubungan antara karakteristik individu dengan kapasitas vital paru pekerja pengasapan ikan sektor informal Bandarharjo Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain studi cross sectional. Populasi penelitian sebanyak 112 pekerja dengan sampel sebanyak 32 responden. Instrumen penelitian berupa spirometer, timbangan berat badan, microtice tinggi badan, dan kuisioner serta diolah menggunakan uji Rank Spearman. Pekerja pengasapan ikan memiliki umur produktif 43,8%. Sebagian pekerja memiliki kebiasaan olahraga yang baik. Pekerja perokok aktif 31,2%. 23,1% pekerja memiliki riwayat penyakit paru. Lama bekerja rata-rata 9-12 jam per hari. Pekerja sebagian besar tidak menggunakan masker dan 65,6% pekerja pernah bekerja di tempat lain yang berdebu atau berasap.Hasil statistik dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara umur, kebiasaan olahraga, kebiasaan merokok, riwayat penyakit paru, lama paparan, penggunaan masker, riwayat pekerjaan yang terpapar debu/asap dengan kapasitas vital paru pekerja pengasapan ikan sektor informal Kelurahan Bandarharjo Semarang. Saran kepada setiap pekerja pengasapan ikan sektor informal Kelurahan Bandarhajo Semarang untuk menggunakan exhaust guna untuk memperlancar sirkulasi udara dan menggunakan alat pelindung diri berupa masker serta melakukan olahraga yang tertatur jika bisa pekerja yang merokok melakukan pengurangan jumlah rokok atau berhenti merokok.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:59
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:59
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22547

    Actions (login required)

    View Item