UDiNus Repository

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MONITORING KELENGKAPAN FORMULIR RM.RI-01 REKAM MEDIS DI BAGI ANASSEMBLLING RAWAT INAP RSU WILLIAM BOOTH SEMARANG

ENDRA, PERMANA AGUNG (2017) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MONITORING KELENGKAPAN FORMULIR RM.RI-01 REKAM MEDIS DI BAGI ANASSEMBLLING RAWAT INAP RSU WILLIAM BOOTH SEMARANG. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ANALISIS KELENGKAPAN MONITORING KELENGKAPAN FORMULIR RM.RI – 01 DI BAGIAN ASSEMBLING RSU WILLIAM BOOTH SEMARANG TAHUN 2017 ENDRA AGUNG PERMANA Kelengkapan formulir RM.RI - 01 menjadi salah satu aspek pada saat akreditasi dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit. Untuk itu analisis kelengkapan formulir harus dilakukan dengan teliti, cepat dan tepat. Di RSU William Booth Semarang dalam melakukan analisis kelengkapan formulir RM.RI – 01. Selain itu penyimpanan data tersebut yang mudah sekali hilang. Oleh karena itu dibutuhkan sistem informasi analisis kelengkapan berbasis monitoring untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk menyesuaikan kebutuhan sistem informasi maka terlebih dahulu membuat perancangan sistem informasi analisis kelengkapan formulir RM.RI – 01. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif serta mengambil data dengan cara observasi dan wawancara. Untuk menghasilkan rancangan desain dilakukan melalui pendekatan System Development Life Cycle (SDLC). Berdasarkan penelitian terdapat kebijakan dan prosedur tetap yang termuat dalam dokumen dengan nomor 052/RSUWB/SPO/IRM/I/2017. User dalam perancangan sistem informasi ini adalah petugas analisis kuantitatif dan kepala rekam medis. Adapun kebutuhan user terhadap perancangan sistem yang akan dibuat yaitu sistem yang lebih sederhana yang digunakan sebelumnya dari segi input data dan pembuatan laporan. Perancangan sistem informasi yang dibuat menggunakan data pasien, dokter, bangsal dan analisis kelengkapan yang bersumber dari TPPRI dan petugas. Informasi yang dihasilkan berupa laporan yang berjumlah enam belas laporan. Enam belas laporan itu adalah yang berkaitan dengan dokter, bangsal (ruang) serta kelengkapan kelengkapan DRM sehingga menjadi penilaian bagi ruang dan dokter. Sebaiknya RSU William Booth Semarang menyiapkan tim untuk membuat sistem informasi analisis kuantitatif agar perancangan ini dapat berjalan dengan baik.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:59
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:59
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22549

    Actions (login required)

    View Item