UDiNus Repository

HUBUNGAN ANTARA NORMA SUBJEKTIF DAN PERSEPSI KONTROL DIRI DENGAN NIAT KADER KESEHATAN DALAM KEGIATAN CASE FINDING PENANGGULANGAN PENYAKIT KUSTA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LARANGAN KABUPATEN BREBES TAHUN 2017

DHEA, APRILINCA NANDA (2017) HUBUNGAN ANTARA NORMA SUBJEKTIF DAN PERSEPSI KONTROL DIRI DENGAN NIAT KADER KESEHATAN DALAM KEGIATAN CASE FINDING PENANGGULANGAN PENYAKIT KUSTA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LARANGAN KABUPATEN BREBES TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Kasus kusta di Kabupaten Brebes masih tinggi dengan jumlah penderita terbanyak adalah kasus kusta MB, hal ini karena terdapat keterlambatan penemuan penderita dan masih tingginya penularan penyakit kusta. Diperlukan peran aktif kader kesehatan dalam penemuan kasus kusta. Sehingga penting untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan niat kader kesehatan dalam kegiatan case finding penanggulangan penyakit kusta. Seluruh kader kesehatan yang aktif sebanyak 60 orang di Puskesmas larangan diambil sebagai responden dalam penelitian ini. Pengukuran niat kader kesehatan menggunakan kuesioner dengan pendekatan cross sectional. Hasil penelitian menunjukkan 51,7% tidak berniat dalam melakukan case finding kasus kusta. Hasil uji chi-square manunjukkan ada hubungan yang signifikan antara norma subjektif, persepsi kontrol diri dengan niat kader kesehatan dalam kegiatan case finiding penanggulangan penyakit kusta. Hasil analisis menunjukkan kader yang memiliki norma subjektif dengan faktor dorongan lemah mempunyai kemungkinan 7,5 kali (CI=2,402-23,708) untuk tidak berniat ikut dalam kegiatan case finding penyakit kusta, dan faktor kontrol persepsi lemah merupakan faktor protektif sehingga kader kesehatan justru lebih berniat untuk ikut dalam kegiatan case finding penyakit kusta (RP=0,188, CI=0,060-0,593). Perlu dilakukan penyuluhan kepada keluarga dan teman tentang kusta mengingat pentingnya dorongan yang kuat dari keluarga, teman maupun tenaga kesehatan dalam kegiatan case finding penyakit kusta.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:59
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:59
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22551

    Actions (login required)

    View Item