UDiNus Repository

PENGEMBANGAN ALTERNATIF STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) SERTA STUDI HUBUNGANNYA DENGAN MUTU PELAYANAN RAWAT JALAN DI KLINIK PRATAMA DIAN NUSWANTORO

ERNA, SUGIHARTI (2017) PENGEMBANGAN ALTERNATIF STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) SERTA STUDI HUBUNGANNYA DENGAN MUTU PELAYANAN RAWAT JALAN DI KLINIK PRATAMA DIAN NUSWANTORO. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Pentingnya SOP menjadi salah satu penilaian mutu pelayanan kesehatan baik instansi pemerintah maupun swasta. Adanya masukan dari pasien selaku penerima pelayanan dan dokter selaku pemberi pelayanan mengenai pentingnya SOP Pelayanan Klinik sebagai pedoman pelayanan sehingga diperoleh kepuasan bagi pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa bermanfaat SOP yang disusun serta kepatuhan dokter memberikan pelayanan berdasarkan SOP terhadap mutu pelayanan yang diterima pasien. Penelitian ini menggunakan metode R&D ( research & development) dan pendekatan menggunakan cross sectional. Instrument penelitian menggunakan kuesioner kepada dokter selaku pelaksanaan pelayanan dan pasien selaku penerima pelayanan. Data Primer dan Sekunder diolah dengan menggunakan uji statistik Rank Spearman. Jumlah populasi 234 dengan total responden penelitian ini berjumlah 55 orang (51 responden dari kelompok pasien, 4 orang responden dari kelompok dokter). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dokter selaku pelaksana dan pemberi pelayanan medis menyatakan bahwa SOP yang disusun sangat bermanfaat dalam proses pelaksanaan pelayanan Klinik. Terdapat 37 dari 51 responden menyatakan kepatuhan dokter terhadap SOP yang disusun dan ada hubungan yang positip antara pelaksanaan SOP yang disusun dengan mutu pelayanan yang dirasakan oleh pasien ( p value = 0,02). SOP yang disusun saat ini terus dievaluasi pelaksanaannya untuk dilakukan perbaikan dan koreksi sehingga dapat dikembangkan SOP medis sesuai dengan kebutuhan klinik serta dapat dikembangkan SOP pelayanan medis dan non medis yang lain guna menunjang peningkatan mutu pelayanan klinik.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:59
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:59
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22552

    Actions (login required)

    View Item