UDiNus Repository

Analisis Kualitas Air Baku dan Air Hasil Produksi pada Instalasi Pengolahan Air 5 di Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Kabupaten Kotawaringin Barar 2017

MAISYARAH, (2017) Analisis Kualitas Air Baku dan Air Hasil Produksi pada Instalasi Pengolahan Air 5 di Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Kabupaten Kotawaringin Barar 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (3843b) | Preview

    Abstract

    Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) merupakan perusahaan daerah yang bertanggung jawab memenuhi kebutuhan air bersih dan air minum disetiap daerah. PDAM Tirta Arut Kabupaten Kotawaringin Barat adalah perusahaan yang bertanggung jawab memenuhi kebutuhan air bersih Kabupaten Kotawaringin Barat. PDAM Tirta Arut mengolah air baku yang berupa air gambut yang mempunyai pH rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Kinerja Instalasi Pengolahan Air 5 di Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Arut Kabupaten Kotawaringin Barat. Jenis penelitian ini merupakan deskristif analitik menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah Instalasi Pengolahan Air 5 PDAM Tirta Arut dan sampelnya adalah kualitas air baku dengan titik pengambilan sampel di unit intake dan air hasil produksi IPA 5 dengan titik pengambilan sampel di reservoar unit 5. Kualitas air baku yang tidak memenuhi standar baku mutu adalah besi 1,063 mg/l dan pH 5,0 .kualitas air produksi pH 5,6. Pada data air konsumen menunjukan nilai pH cenderung turun, semakin jauh air mengalir maka nilai pH semakin turun. IPA hanya menggunakan saringan pasir. Dari hasil penelitian ini menunjukan parameter besi sudah sesuai standar baku mutu setelah melalui pengolahan air. Disarankan IPA melakukan jartest sebelum dilakukan pengolahan agar pH sesuai dan melengkapi unit filtrasi sesuai SNI untuk mengoptimalkan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:59
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:59
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22553

    Actions (login required)

    View Item