UDiNus Repository

PERSEPSI PASIEN BERDASAR PENGETAHUAN, SIKAP DAN MUTU PELAYANAN TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN SUSPECT TUBERKULOSIS PARU PADA BALAI KESEHATAN PARU MASYARAKAT SALATIGA

SULISTYANINGRUM, (2017) PERSEPSI PASIEN BERDASAR PENGETAHUAN, SIKAP DAN MUTU PELAYANAN TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN SUSPECT TUBERKULOSIS PARU PADA BALAI KESEHATAN PARU MASYARAKAT SALATIGA. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Mutu Pelayanan yang dipersepsikan baik oleh pasien diharapkan memberikan pengaruh positif terhadap minat pasien untuk melakukan kunjungan pemeriksaan kembali sesuai dengan prosedur untuk pemeriksaan suspect Tuberkulosis Paru. Minat pasien untuk melakukan kunjungan ulang juga dipengaruhi pengetahuan dan sikap pasien. Berdasarkan studi pendahuluan pasien yang melakukan kunjungan ulang dalam pemeriksaan suspect TB paru di BKPM Salatiga masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi pasien berdasar pengetahuan, sikap dan mutu pelayanan terhadap minat kunjungan ulang pasien suspect tuberkulosis paru pada Balai Kesehatan Paru Masyarakat Salatiga. Penelitian ini merupakan explanatory research dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien suspect TB paru yang melakukan pemeriksaan dahak ke Balai Kesehatan Paru Masyarakat Salatiga pada Bulan Mei 2017 sebanyak 51 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Analisis data menggunakan Rank Spearman Dari hasil analisis ditemukan bahwa pengetahuan sebagian besar sangat baik 40 orang, sikap yang sangat suka sebanyak 26 orang dan persepsi mutu pelayanan yang sangat baik sebanyak 40 orang. Hasil analisis diketahui ada hubungan positif bermakna antara persepsi terkait pengetahuan dengan minat kunjungan ulang (p=0,00), Disarankan kepada pasien suspect TB paru untuk meningkatkan pemahaman mengenai tata cara pemeriksaan suspect TB paru yaitu dengan metode SPS sehingga tidak kemudian langsung memutuskan sendiri apabila memang dalam pemeriksaan pertama masih dinyatakan negatif.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:59
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:59
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22555

    Actions (login required)

    View Item