UDiNus Repository

Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Imunisasi Dasar Lengkap Pada Ibu Baduta (12-24Bulan) Di Sengon Wilayah Kerja Puskesmas Tanjung Kabupaten Brebes Tahun 2016

PRIYANI, (2017) Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Imunisasi Dasar Lengkap Pada Ibu Baduta (12-24Bulan) Di Sengon Wilayah Kerja Puskesmas Tanjung Kabupaten Brebes Tahun 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    PRIYANI FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN IMUNISASI DASAR LENGKAP PADA IBU BADUTA (12-24BULAN) DI SENGON WILAYAH KERJA PUSKESMAS TANJUNG KABUPATEN BREBES TAHUN 2016 XVIII + 55 halaman + 23 tabel + 1 gambar + 28 lampiran Masih banyak anak di dunia meninggal disebabkan oleh berbagai penyakit yang sebenarnya dapat dicegah melalui imunisasi yaitu ada sekitar 1,4 juta anak stiap tahunnya. Salah satu wilayah di Puskesmas Tanjung yang angka Drop Outnya paling tinggi ialah desa Sengon (22,3%). Populasi penelitian ini berjumlah 294 orang, jumlah sampel 52 orang dan sampel diambil dengan purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian survey analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Data – data diolah dan dianalisa menggunakan uji statistik spearman rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan, sikap dengan pemanfaatan pelayanan imunisasi dasar lengkap pada ibu batita (12-24bulan) (p value = 0,000). Tidak ada hubungan antara akses dengan pemanfaatan pelayanan imunisasi dasar lengkap pada ibu baduta (12-24bulan) di (p value = 0,098). Ibu baduta yang cukup memanfaatkan pelayanan imunisasi dasar lengkap sebanyak 40,4%, sedangkan yang kurang sebanyak 21,2%. Disarankan bagi petugas kesehatan dari Puskesmas dibantu oleh kader memberikan penyuluhan tentang imunisasi secara rutin saat kegiatan posyandu, serta mendekatkan pelayanan kepada masyarakat yang sulit dijangkau.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:59
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:59
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22557

    Actions (login required)

    View Item