UDiNus Repository

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN AKSES INFORMASI IBU HAMIL TENTANG JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DENGAN PENGGUNAAN KARTU BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS PURWOHARJO COMAL PEMALANG

NUNIK, JAYANTI (2017) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN AKSES INFORMASI IBU HAMIL TENTANG JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DENGAN PENGGUNAAN KARTU BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS PURWOHARJO COMAL PEMALANG. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    BPJS Kesehatan adalah badan yang diselenggarakan guna penyelenggaraan Jaminan Kesehatan. Survey awal terhadap 10 ibu hamil, sebanyak 7 ibu dari 10 ibu mengatakan tidak tahu tentang pengertian, tujuan, dan fasilitas kesehatan jaminan kesehatan nasional, sehingga tidak menggunakan kartu BJPS kesehatan saat memeriksakan kehamilanya di Puskesmas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan akses informasi ibu hamil tentang Jaminan Kesehatan Nasional dengan penggunaan kartu BPJS Kesehatan. Jenis penelitian adalah survey dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini yakni semua ibu hamil yang menggunakan BPJS sebanyak 125 ibu. Sampel penelitian ini adalah ibu hamil sebanyak 95 ibu. Teknik sampling menggunakan accidental sampling. Instrumen penelitian adalah kuesioner. Metode pengambilan data dengan cara memilih responden yang kebetulan ada atau dijumpai. Uji statistik menggunakan uji chi square. Hasil penelitian didapatkan pengetahuan ibu hamil tentang Jaminan Kesehatan Nasional sebagian besar pengetahuan baik (56,8%). Akses informasi tentang Jaminan Kesehatan Nasional sebagian besar baik (55,8%). Penggunaan kartu BPJS Kesehatan sebagian besar menggunakan (56,8%). Ada hubungan antara pengetahuan ibu hamil tentang Jaminan Kesehatan Nasional dengan penggunaan kartu BPJS Kesehatan. Ada hubungan akses informasi tentang Jaminan Kesehatan Nasional dengan penggunaan kartu BPJS Kesehatan. Tenaga kesehatan sebaiknya memberikan sosialisasi pemanfaatan JKN untuk ANC pada ibu hamil melalui media dan audio visual serta edukasi secara langsung saat kunjungan pertama oleh bidan dengan diimbangi kualitas pelayanan BPJS.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:00
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:00
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22558

    Actions (login required)

    View Item