UDiNus Repository

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DENGAN SIKAP TENTANG PROGRAM KB PADA CALON PENGANTIN PADA BULAN APRIL TAHUN 2017 DI KOTA SEMARANG

DWI, SIBUA NOVITA (2017) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DENGAN SIKAP TENTANG PROGRAM KB PADA CALON PENGANTIN PADA BULAN APRIL TAHUN 2017 DI KOTA SEMARANG. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    “Empat Pilar Safe Motherhood”, merupakan upaya untuk menurunkan AKI dan AKB, yaitu pilar pertama tentang Keluarga Berencana. Data tahun 2011 sampai 2015 terjadi angka yang fluktuaktif pada cakupan KB di Kota Semarang. Selain PUS, arah kebijakan KB juga terletak pada calon pengantin.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dengan sikap tentang program KB pada calon pengantin di Kota Semarang. Manfaat penelitian diharapkan memberikan gambaran tentang program pada calon pengantin. Metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah sebanyak 54 orang calon pengantin 3 KUA Kecamatan Ngaliyan, Tembalang dan Gajahmungkur. Teknik sampel yaitu total sampling. Teknik pengolahan data menggunakan analisis chi-square. Hasil uji variabel pengetahuan dengan sikap diperoleh nilai p-value = 0,492, yang artinya tidak ada hubungan antara pengetahuan dengan sikap tentang program KB pada calon pengantin di Kota Semarang pada bulan April 2017. Responden yang berpengetahuan baik sebesar 53,7% dengan pertanyaan yang paling banyak dijawab benar yaitu tentang efek pill dan suntik pada peningkatan berat badan (88,9%). Sedangkan responden yang bersikap baik sebesar 64,8%. Sebanyak 90,7% setuju bahwa alat kontrasepsi dapat digunakan untuk mencegah kehamilan, kemudian responden tersebut setuju bahwa setiap pasangan harus merencanakan keluarga dan jumlah anak. Hasil tabulasi silang diperoleh bahwa responden dengan sikap tidak baik lebih banyak terdapat pada mereka yang memiliki pengetahuan kurang baik (40%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengetahuan yang baik tidak selalu memiliki hubungan dengan sikap yang baik pada calon pengantin. Saran bagi Calon pengantin agar lebih meningkatkan informasi seputar Program KB.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:00
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:00
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22559

    Actions (login required)

    View Item