UDiNus Repository

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PRAKTIK MASYARAKAT DALAM PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK DEMAM BERDARAH DENGUE DI KELURAHAN METESEH KOTA SEMARANG TAHUN 2016

DINI, PUSPITANINGRUM JELITA (2017) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PRAKTIK MASYARAKAT DALAM PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK DEMAM BERDARAH DENGUE DI KELURAHAN METESEH KOTA SEMARANG TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang berasal dari virus dengue yang dapat menular dari gigitan nyamuk Aedes aegypti. Kasus Demam Berdarah Dengue merupakan kasus yang serius yang dihadapi di Jawa Tengah. Angka kesakitan tertinggi berada di Kota Semarang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, sikap dan komitmen dengan praktik masyarakat dalam pemberantasan sarang nyamuk demam berdarah dengue di RW III Kelurahan Meteseh Kota Semarang Tahun 2017. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan uji Chi Square. Sampel yang diteliti berjumlah 90 responden yang tinggal di RW III Kelurahan Meteseh Kota Semarang. Hasil analisis menunjukkan bahwa umur responden terbanyak 46-55 tahun (54,4%), Jenis kelamin responden laki-laki dan perempuan masing-masing (50%), pekerjaan responden pedagang (31,1%), pendidikan terakhir responden SMP (31,1%), pengetahuan responden baik (58,9%), sikap responden mendukung (68,9%), praktik responden baik (54,4%), komitmen responden baik (56,7%). Hasil uji korelasi menunjukkan ada hubungan antara sikap (p=0,016), komitmen (p=0,008) dengan praktik masyarakat dalam pemberantasan sarang nyamuk demam berdarah dengue. Sedangkan variabel pengetahuan tidak ada hubungan. Saran untuk masyarakat sangat penting untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk untuk mencegah terjadinya penyakit demam berdarah dengue. Sikap yang baik dan mempunyai komitmen yang kuat sangat diperlukan untuk dapat melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk. Jadi masyarakat harus mempunyai sikap yang mendukung dan membangun komitmen yang baik.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:00
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:00
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22560

    Actions (login required)

    View Item