UDiNus Repository

ANALISIS PERBEDAAN KEPUASAN PEMBAYARAN BPJS KESEHATAN PADA MASYARAKAT KELAS EKONOMI MENENGAH KEATAS DAN MASYARAKAT KELAS EKONOMI MENENGAH KEBAWAH

RINA, MELATI (2017) ANALISIS PERBEDAAN KEPUASAN PEMBAYARAN BPJS KESEHATAN PADA MASYARAKAT KELAS EKONOMI MENENGAH KEATAS DAN MASYARAKAT KELAS EKONOMI MENENGAH KEBAWAH. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Pembangunan di bidang kesehatan merupakan bagian dari pembangunan nasional. Peserta yang membayarkan iuran BPJS Kesehatan jumlahnya tidak sedikit, namun di lapangan masih banyak gangguan ataupun hambatan dalam proses pembayaran iuran melalui perbankan seperti, sistem BPJS yang sering mengalami trouble yang mengakibatkan peserta BPJS menunggu bahkan hingga menunda pembayaran pada hari berikutnya. Penelitian ini untuk mengetahui Perbedaan Kepuasaan Pembayaran BPJS Kesehatan di Kabupaten Pemalang. Penelitian yang akan digunakan adalah penelitian observasional kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dilakukan secara pengamatan langsung di studi kasus di lapangan. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan potong lintang (cross sectional). Populasi penelitian ini adalah peserta BPJS Kesehatan yang melakukan pembayaran dibank BNI cabang Pemalang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah unvariat dan bivariat. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan menggunakan teknik sampling yaitu pengambilan sampel ciri-ciri, sifat-sifat atau karakteristik tertentu dimana merupakan ciri-ciri utama dari populasi. Hasil dari penelitian ini menggunakan Uji T Independen dimana nilai signifikan yang kurang dari 0,050 menunjukan perbedaan yang signifkan. Berikut hasil nilai analisis equal variances assumed reliability 0,759, responsiveness 0,0691, competence 0,000, access 0,0345, courtesy 0,314, communication 0,029, credibility 0,000, security 0,703, understanding 0,000, tangibels 0,000.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:00
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:00
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22561

    Actions (login required)

    View Item