UDiNus Repository

Hubungan Pelaksanaan Antenatal Care (ANC) Oleh Bidan Dengan Kepuasan Pasien BPJS Pada Ibu Hamil Di Poli KIA Puskesmas Limpung Batang

DESSY, SETYAWATI (2017) Hubungan Pelaksanaan Antenatal Care (ANC) Oleh Bidan Dengan Kepuasan Pasien BPJS Pada Ibu Hamil Di Poli KIA Puskesmas Limpung Batang. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Pelayanan Antenatal Care adalah pelayanan kesehatan yang diberikan tenaga kesehatan yang terlatih untuk memberikan pelayanan kepada ibu selama masa kehamilannya, salam pelaksanaannya pelayanan dijalankan sesuai standar peyanan antenatal care yang sudah ada di standar pelayanan kebidanan (SPK). data kunjungan antenatal care (ANC) pada ibu hamil di poli KIA Puskesmas Limpung Batang pada tahun 2014 sebanyak 363 ibu hamil, tahun 2015 sebanyak 375 ibu hamil. data bulan januari sampai dengan September 2016 sebanyak 270 ibu hamil. Jenis penelitian ini adalah Explanatory Research dengan pendekatan Cross Sectional. sampel dalam penelitian ini adalah semua ibu hamil trimester III peserta BPJS sebanyak 35 ibu hamil. Teknik pengambilan dampel pada penelitian ini adalah total sampling. uji statistik menggunakan uji chi square. Hasil penelitian didapatkan pelaksanaan Antenatal Care (ANC) pleh bidan di Poli KIA Puskesmas Limpung Batang masih ditemukan 45,7% tidak baik. Kepuasan pasien BPJS di Poli KIA Puskesmas Limpung Batang masih ditemukan 42,9% tidak puas. Ada hubungan pelaksanaan Antenatal Care (ANC) oleh bidan dengan kepuasan pasien BPJS pada ibu hamil di Poli KIA Puskesmas Limpung Batang (PValue = 0,001) Saran bagi tenaga kesehatan/bidan yaitu perlu adanya evaluasi rutin terhadap pelaksanaan SPK melalui pertemuan rutin bidan yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan. Survei kepuasan pelayanan bidan secara mandiri diselenggarakan oeh puskesmas guna meningkatkan kepuasan pasien (Ibu Hamil). Optimalisai `Midwefery Update (MU)` yang diselenggarakan oleh Ikatan Bidan Indonesia (IBI) untuk meningkatkan keterampilan dan kompetisi bidan dalam mendukung kepuasan pasien.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:00
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:00
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22562

    Actions (login required)

    View Item