UDiNus Repository

FAKTOR RISIKO PENGGUNAAN PESTISIDA KIMIA PADA TANAMAN PADI TERHADAP KELUHAN KULIT DI KELOMPOK TANI`TANI MAKMUR` DESA KARANGANYAR KECAMATAN GEYER KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2017

PUSPARIMA, WALICHI (2017) FAKTOR RISIKO PENGGUNAAN PESTISIDA KIMIA PADA TANAMAN PADI TERHADAP KELUHAN KULIT DI KELOMPOK TANI`TANI MAKMUR` DESA KARANGANYAR KECAMATAN GEYER KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Banyak petani yang menggunakan pestisida kimia untuk memberantas hama pada tanaman padi. Penggunaan pestisida kimia oleh petani seringkali tidak sesuai aturan yang telah tertera pada label kemasan. Hal tersebut dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Dari servei awal yang dilakukan terhadap petani penyemprot padi, terdapat keluhan kulit pada petani setelah melakukan penyemprotan pestisida. Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Data primer diolah dan dianalisa menggunakan Uji Fisher Exact Test. Populasi sekaligus sampel penelitian ini sebanyak 40 petani pada Kelompok Tani 'Tani Makmur' di Desa Karanganyar Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan. Hasil penelitian menunjukkam bahwa jenis pestisida yang digunakan yaitu Insektisida, Herbisida dan Fungisida. Penggunaan formulasi saat penyemprotan mayoritas secara campuran dengan dosis tidak sesuai aturan yang tertera pada label. Penyemprotan dilakukan pada pagi hari, lama penyemprotan lebih dari 2 jam dan penyemprotan dilakukan dengan asal menyemprot saja. Alat pelindung diri yang petani gunakan yaitu masker, topi dan pakaian panjang. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan tidak ada hubungan antara jenis pestisida, waktu penyemprotan, arah penyemprotan dan penggunaan alat pelindung diri dengan keluhan kulit pada petani. Sedangkan formulasi pestisida, dosis pestisida dan lama penyemprotan terdapat hubungan dengan keluhan kulit pada petani.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:00
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:00
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22567

    Actions (login required)

    View Item