UDiNus Repository

TINJAUAN FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TATA CARA PENETAPAN KODE PENYAKIT NEOPLASMA PADA KODER DI RSUP DR. KARIADI SEMARANG PADA TRIWULAN I TAHUN 2017

ADHE, DWI FAJAR (2017) TINJAUAN FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TATA CARA PENETAPAN KODE PENYAKIT NEOPLASMA PADA KODER DI RSUP DR. KARIADI SEMARANG PADA TRIWULAN I TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    RSUP dr. Kariadi Semarang adalah rumah sakit di Jawa Tengah yang bertipe A. Rumah sakit ini dinilai cukup baik dalam melaksanakan rekam medis. Berdasarkan hasil survey awal yang dilakukan, dari 20 dokumen rekam medis rawat inap dengan kasus neoplasma ditemukan 30% dokumen yang tidak lengkap karena belum menyertakan kode morfologi dan 70% dokumen yang sudah lengkap. Hal ini dapat menyebabkan tidak akuratnya kode yang bisa berdampak tidak lengkapnya data sistem informasi, begitu pula pada aspek pembiayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tinjauan faktor - faktor yang berhubungan dengan tata cara penetapan kode penyakit neoplasma pada koder di RSUP Dr. Kariadi Semarang pada triwulan I tahun 2017? Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Metode yang digunakan yaitu metode observasi. Populasi penelitian adalah 32 koder. Dengan sampel sebanyak 28 koder. Hasil penelitian yaitu karakteristik koder sebesar 60,7% berumur 20-40 tahun, 85,7% berjenis kelamin perempuan dan koder rata-rata bekerja <5 tahun, 100% belum pernah mengikuti pelatihan koding. Pengetahuan koder 50% baik, dan 60,7% bersikap baik. Dari 28 koder terdapat 21,4% tidak mencari leadterm, 28,6% tidak melihat perangai, 39,3% tidak melihat sifat tumor. Saran memberikan pelatihan kepada petugas koding khususnya tentang koding bab neoplasma untuk menambah pengetahuan dan memperbarui ilmu.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:00
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:00
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22569

    Actions (login required)

    View Item